Puluhan personel Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang, Banten disiagakan untuk mengantisipasi terjadinya bencana saat musim hujan untuk meminimalisasikan dampak dan kerugian yang disebabkan bencana.

"Selain personel kami juga menyiagakan Relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat), peralatan dan perlengkapan untuk menanggulangi kejadian bencana," kata Kepala divisi Penanggulangan Bencana PMI Kota Tangerang Tendi Yuliatno melalui sambungan telepon, Kamis.

Menurutnya, untuk menanggulangi bencana PMI Kota Tangerang tetap sigap dalam melayani kesiapsiagaan bencana khususnya wilayah yang berada di Kota Tangerang dan juga terus melakukan piket 1x24 jam jika suatu saat terjadi bencana untuk langsung menerjunkan personel ke lokasi.

Sementara, Ketua PMI Kota Tangerang Kuswarsa menambahkan pihaknya terus berupaya membatu Pemkot Tangerang baik di bidang penanggulangan bencana, kesehatan maupun di pelayanan lainnya.

"Di 2020 PMI juga terus mengembangkan Relawan Sibat yang sudah terbentuk di beberapa kecamatan sehingga, jika terjadi bencana tim ini bisa terjun langsung ke lokasi sampai bala bantuan tiba," tambahnya.

Lanjut dia, PMI juga menyiagakan pelayanan ambulans dan mobil jenazah jika ada masyarakat yang membutuhkannya baik untuk evakuasi korban bencana maupun pelayanan lainnya dengan rute dalam hingga luar Kota Tangerang.

Dalam penanggulangan bencana ini pihaknya juga telah berkoordinasi dengan TNI, Polri, unsur pemerintahan di Kota Tangerang serta instansi dan relawan potensi SAR lainnya. Personel yang disiagakan pun mulai dari memberikan pertolongan pertama, evakuasi dan lain-lain. 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019