Gubernur Banten Wahidin Halim memastikan bantuan keuangan kabupaten/kota yang diberikan Pemprov Banten sesuai dengan proposan yang diajukan dan sesuai standar prioritas.

"Bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Banten untuk kabupaten/ kota berdasarkan proposal yang sesuai standar prioritas. Kita sadar keterbatasan keuangan kabupaten/ kota." kata Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) di depan para peserta Orientasi DPRD Kabupaten Lebak Hasil Pemilu 2019 di Serang, Senin.

"Yang penting transparan dan akuntabel. Bagi saya bukan masalah kebutuhannya," kata Wahidin menegaskan.

Diketahui Bantuan keuangan (Bankeu) kabupaten/kota untuk tahun 2020 yang telah disepakati antara Badan Anggaran (Banggar) DPRD Banten dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemprov Banten sebesar Rp425 miliar.

Ia mengatakan, Pemprov Banten dalam pelaksanaan pembangunan jalan, jembatan, trotoar, sekolah, dan lainnya semuanya terukur.

Ia mencontohkan pembangunan jalan dengan konstruksi cor semen dengan ketebalan 28 cm dan perkirakan mampu bertahan selama 7 tahun. Pada tahun keempat kembali di overlay sehingga tidak setiap enam (6) bulan membangun jalan.

Untuk pembangunan jalan, Gubernur juga menyarankan pemerintah kabupaten/ kota membuat surat resmi, jalan mana yang belum bisa tembus dam menjadi prioritas untuk dibangun oleh pemprov.

Seiring dengan penggunaan sistem penganggaran yang memanfaatkan aplikasi SIMRAL (sistem informasi manajemen perencanaan, penganggaran dan pelaporan), Gubernur juga menyarankan untuk membuat anggaran setahun sebelumnya.

Dalam.orientasi DPRD Kabupaten Lebak tersebut Gubernur Banten Wahidin Halim menyampaikan materi Kedudukan Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat.

Hal itu berdasarkan Pasal 18 ayat 2 UUD 1945 serta Pasal 1 ayat 1 Peraturan Pemerintah Nomor 33 tahun 2018 tentang Pelaksanaan Tugas dan Wewenang Gubernur Sebagai Wakil Pemerintah Pusat. Gubernur juga menyampaikan tugas fungsi DPRD.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Banten juga menyampaikan kondisi saat ini Provinsi Banten terkait dengan pembangunan dan perekonomian di Provinsi Banten.

"Kita sedang gencar beruoaya melaksanakan pembangunan dengan sebaik mungkin, terutama yang menjadi sektor prioritas seperti pendidikan, kesehatan dan infrastruktur," kata Wahidin Halim dalam kegiatan yang juga dihadiri Kepala BPSDMD Provinsi Banten Endrawati dan Kepala BPSDM Kemendagri Teguh Setyabudi.

Pewarta: Mulyana

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019