Ahli agama Islam Syeikh Fikri Thoriq menyebutkan akar dari membangun bangsa adalah ahlak yang baik.

"Kalau seseorang merindukan Rasulullah SAW maka dia akan sering mencontohkan perilaku Rasul, dan pastinya semua perilaku Rasul adalah contoh-contoh yang baik", kata Syeikh Fikri Thoriq saat menjadi pengisi acara bertajuk Rindu  dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW  di Pati Unus, Kebayoran pada Minggu. 

Dia mengatakan bahwa seseorang yang sudah berahlak baik akan berbuat baik tidak hanya untuk dirinya tetapi juga untuk keluarganya, masyarakat dan untuk bangsanya. 

Untuk memahami ahlak Rasul disebutkan tidak bisa hanya belajar sekejap saja, akan tetapi harus berkali-kali mempelajarinya.  

Syeikh Fikri Thoriq mengatakan cara agar generasi muda dapat meniru perilaku Rasul adalah dengan mengikuti cara bergaul Rasulullah. 

Mendatangi kajian-kajian serta memperbanyak pembicaraan tentang Rasulullah juga akan membuat generasi muda lebih mengenal dan menyukai perilaku Rasulullah SAW. 

"Kalau mayoritas bangsa ini memiliki ahlak yang baik maka bangsa ini akan menjadi sukses dan besar, karena yang menjadi kunci adalah ahlak yang baik", tambahnya. 

Dia mengatakan ahlak yang baik dimulai dari kejujuran dan menjaga amanah sehingga bangsa ini pasti akan menjadi besar. 

Peringatan maulid Nabi SAW yang jatuh pada tanggal 9 November ini menurutnya adalah salah satu cara meningkatkan kerinduan kepada Rasul serta dapat membangun ahlak masyarakat menjadi manusia yang lebih baik.

Pewarta: Ganet dan Alya

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019