Bupati Pandeglang Irna Narulita menjadi peserta pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Flagship Program yang diadakan oleh Bank Indonesia (BI) Institut di gedung BI Jl Kebun Sirih Jakarta Pusat, Kamis (31/10).

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari, dan mengusung tema "Economic Leadership For Regional Government Leaders" dan diikuti oleh Bupati, Wali Kota, dan para anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPRD), dan perwakilan BI di setiap daerah.

Bupati Irna menilai, kegitan ini menjadi kelas yang menginspirasi, menambah wawasan dan pengetahuan tentang bagaimana membangun sebuah kebersamaan untuk pengembangan suatu daerah.

"Selain dari para narasumber, informasi itu kami dapat juga dari rekan kami kepala daerah lainnya, yang ikut acara ini tentang pengembangan potensi yang ada di daerah nya masing-masing," kata Irna usai acara.

Bupati berharap, dari kegiatan ini bisa mendapatkan metode atau cara untuk mengembangkan potensi yang ada di Pandeglang baik dari bidang ekonomi, wisata, dan investasi.

"Kami ucapkan terimakasih kepada Bank BI yang telah menggagas kegiatan ini, tidak hanya ilmu pengetahuan yang kami dapat, namun bagaiman menjalin sebuah kerjasama dan sinergitas yang baik dengan kepala daerah lainnya yang ikut acara ini," ujarnya.

Gubernur BI Perry Warjiyo yang membuka langsung acara tersebut  mengungkapkan, kegiatan ini merupakan Program economic study forum for leaders.

Dia mengatakan, kegiatan tersebut juga merupakan wujud nyata dan tekad Bank Indonesia untuk mendorong, mendukung, dan menyukseskan peran kepala pemerintahan  dan unsur pemerintahan di daerah seluruh Indonesia untuk memajukan ekonomi di daerahnya. 

"Dalam upaya menigkatkan kinerja perekonomian, meningkatkan ekonomi daerah, dan mengawal stabilitas ekonomi di masing-masing daerah, harus melakukan reformasi dibidang ekonomi.

Oleh karenanya program ini juga diharapkan dapat membantu para pemimpin daerah melakukan terobosan-terobosan yang membawa pembaruan ekonomi dan membawa kesejahteraan di daerahnya masing-masing,"katanya.

Hal tersebut kata Perry, hanya dapat dilakukan melalui pembaruan pengetahuan, pemikiran, dan contoh-contoh terobosan serta terapan terbaru yang terkait dengan ekonomi regional secara terstruktur dan sistematis. 

"Trobosan akan menghasilkan pembaharuan sehingga menjadi Kesejahtraan berkealnjutan, misalnya dengan menerapkan e-money (uang elektronik)  baik itu pembayaran parkir dan pemungutan biaya lainnya sehingga hasilnya lebih terukur dan jelas," ujarnya.

 
        Bupati Pandeglang Irna menjadi salah satu peserta Bintek yang digelar BI di Jakarta

Pewarta: Deni Setiadi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019