Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lebak, Dede Jaelani mengatakan pemuda harus berkarya dan berinovasi guna mendukung percepatan pembangunan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kita jangan sampai pemuda itu menjadi sampah masyarakat dan tidak produktif," kata Dede Jaelani saat menanggapi Hari Sumpah Pemuda di Lebak, Rabu.

Peran pemuda di Indonesia itu memiliki sejarah panjang untuk merebut kemerdekaan dengan menjalin persatuan dan kesatuan bangsa guna melepaskan diri dari penjajahan Belanda.

Dimana kehidupan dalam kungkungan penjajahan, tentu sangat menyakitkan, karena kekayaan alam dimiliki bangsa asing juga kehidupan masyarakat pribumi terlilit kemiskinan dan kebodohan.

Selain itu juga kaum penjajah sangat kejam jika melakukan pelanggaran hukum.

Oleh karena itu, pemuda Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke bertekad bulat untuk membangun kekuatan dengan meningkatkan persatuan dan kesatuan.

"Saya kira dengan persatuan dan kesatuan itu melakukan perlawanan kepada kaum penjajah hingga meraih kemerdekaan," tambahnya.

Menurut dia, pemuda saat ini tentu harus mengisi kemerdekaan tersebut dengan berkarya dan berinovasi untuk mencapai cita-cita bangsa dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Sebab, pemuda memiliki peran cukup strategis sebagai generasi bangsa yang memikul tanggung jawab untuk mendukung percepatan pembangunan.

Apalagi, saat ini dengan berkembangnya teknologi digitalisasi sehingga dituntut pemuda memiliki kompetensi dan ketrampilan sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

Selama ini, kata dia pihaknya merasa prihatin adanya generasi bangsa yang terjerat narkoba, prostitusi, tawuran hingga tindakan kriminal.

Dengan demikian, pihaknya mendorong generasi bangsa khususnya pemuda itu menjadikan sebagai agen pembangunan untuk mencapai cita-cita bangsa yang sejahtera dan adil untuk kemakmuran seluruh rakyat Indonesia.

"Kita yakin pemuda-pemudi di sini dapat berkarya dan berinovasi untuk kemajuan bangsa itu," sebut dia.

Sejumlah pemuda di Kabupaten Lebak mengaku bahwa mereka melanjutkan pembangunan dengan pengembangan aneka usaha kerajinan yang bisa menggulirkan pertumbuhan ekonomi juga penyerapan lapangan pekerjaan.

"Kami mengapresiasi hingga kini bisa mengembangkan usaha kerajinan gitar dan bisa menyerap tenaga kerja berkat dorongan dan motivasi pemerintah daerah," kata Ujang, seorang perajin di Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak.
 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019