Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Daerah (Pospeda) sebagai ajang untuk menggali potensi para santri dan pondok dalam berbagai bidang keahlian.

“Provinsi Banten memiliki potensi besar dalam membangun pondok pesantren. Pada tahun 2016, kita keluar sebagai juara umum dengan perolehan 19 emas dan 9 perak." kata Gubernur Banten Wahidin Halim saat membuka Pekan Olahraga Pesantren Daerah (Pospeda) VI Tingkat Provinsi Banten di Halaman Masjid Raya Al-Bantani, Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) di Serang, Senin (14/10).

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Banten A Bazari Syam, tokoh masyarakat Banten dan para pimpinan pondok pesantren.

"Pembinaan menggali potensi para santri di berbagai bidang, antara lain bidang seni dan olahraga. Sekaligus sebagai wahana silaturahim dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan serta cinta tanah air, yang menguatkan daya saing dan identitas,” kata Wahidin Halim.

Ia berharap kegiatan Pospeda tersebut juga menjadi ajang silaturahmi dan bagaimana Banten menjadi ujung tombak penegakan agama agar dapat dicontoh oleh daerah lain.

Ia mengatakan, sebagai bentuk perhatian pemerintah, Pemprov Banten telah menyantuni dengan dana hibah kepada 1.332 pondok pesantren dan guru ngaji.

Ketua Presidium FSPP Provinsi Banten Ikhwan Hadiyin, pada tahun 2002 pondok pesantren di Banten berjumlahnya 3.200. Pada tahun 2019 pondok pesantren bertambah mencapai 4.140.

"Berarti kurang lebih sekitar sembilan atau tujuh tahun, pondok pesantren yang berkembang sebanyak 950," kata Ikwan.

Pospeda VI Tingkat Provinsi Banten 2019 diselenggarakan mulai tanggal 14 sampai 16 Oktober 2019. Kegiatan tersebut diikuti oleh 1.101 peserta dari delapan Kabupaten/kota di Provinsi Banten yakni Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, Kota Cilegon, Kota Serang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Terdapat 12 cabang olahraga yang dikompetisikan dalam Pospeda VI Tingkat Provinsi Banten 2019. Lima cabang olahraga di antaranya atletik dan pencak silat. Tujuh  cabang perlombaan di bidang seni, diantaranya kaligrafi islami dan pidato bahasa.*

Pewarta: Mulyana

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019