Gubernur Banten Wahidin Halim mengaku telah menginstruksikan jajarannya agar menyegerakan pembangunan fasilitas umum, tempat parkir, area foto, dan berbagai fasilitas pengamanan di lokasi wisata Negeri Diatas Awan (NDA) untuk menunjang aktifitas wisata para pengunjung.

"Bagi yang akan berkunjung ke sana memang harus mengetahui informasi secara jelas dan perlu memahami secara rinci jika Negeri Di Atas Awan merupakan area yang baru terbuka dengan berbagai fasilitas wisata yang masih minim dan hanya dikelola secara lokal oleh warga setempat. Sehingga, perlu benar-benar 'prepare' segala perbekalan sebelum berangkat menuju NDA, apalagi jika membawa balita, terutama bagi yang ingin melihat sunrise pada pagi hari dan harus menginap di tenda-tenda yang disediakan warga karena belum ada penginapan atau cottage," kata Gubernur Banten Wahidin Halim menanggapi antusiasme warga yang mengunjungi lokasi wisata tersebut, di Serang, Senin.

Atas kondisi tersebut, Gubernur Banten mengaku telah melakukan langkah antisipasi, diantaranya melalui koordinasi dengan Pemkab Lebak agar ada imbauan kepada pengunjung bahwa lokasi tersebut masih dalam tahap pembangunan infrastruktur baik jalan maupun sarana penunjang lainnya.

Gubernur Banten langsung menggelar rapat dengan dinas terkait percepatan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut termasuk pembangunan masjid. Apalagi, jalan melalui Citorek hingga ke arah Banten Selatan menuju Bayah yang ditargetkan akan selesai pada 2020, disana akan terlihat hamparan pantai Sawarna dari puncak bukit yang akan menambah daya tarik destinasi NDA.

Lantaran kekuatan media sosial yang terus menampilkan wisata Negeri Diatas Awan (NDA), Citorek, Lebak, menyebabkan antusiasme masyarakat untuk berkunjung dan melihat langsung destinasi wisata baru di Banten itu semakin hari semakin bertambah. Kendati hingga saat ini Gubernur Banten Wahidin Halim tengah menyelesaikan pembangunan infrastruktur dan penyediaan sejumlah fasilitas pendukung, namun melebihi animo masyarakat untuk berbondong-bondong merasakan langsung suasana wisata alam NDA yang tidak semua daerah di Indonesia memilikinya.

Baca juga: Bangun Infrastruktur "Negeri di Atas Awan"

"Saya bersyukur sekaligus bangga bahwa destinasi wisata baru ini banyak diminati masyarakat. Akan tetapi, masyarakat ada baiknya mendapatkan informasi akurat bahwa tempat itu masih baru dan belum dilengkapi banyak fasilitas, baru sebatas dikelola warga setempat. Sehingga, jika ingin kesana harus mempersiapkan perbekalan dengan baik," kata Wahidin.

Gubernur mengaku kaget dan tidak menyangka bahwa antusiasme masyarakat semakin meningkat dengan cepat. Saat ini, pembangunan jalan beton yang melewati wilayah tersebut baru mencapai dusun Ciusul, Desa Citorek Kidul dan jalan menuju puncak masih dalam tahap pengerasan.

Oleh karenanya, ia mengimbau agar pengunjung dapat lebih berhati-hati melintasi jalur yang masih dalam proses pembangunan tersebut.

Dikatakan Wahidin, kawasan wisata NDA berada tepat dibawah kaki Gunung Halimun-Salak. Sementara, pembangunan ruas jalan menuju Citorek merupakan jalan yang menghubungkan Lebak wilayah utara dan Lebak Selatan, sehingga dapat memudahkan akses warga setempat ke berbagai daerah lantaran hampir berbatasan dengan Bogor, Jawa Barat. Untuk jalan Cipanas - Warung Banten yang membelah gunung bekas pertambangan emas PT Antam Cikotok tersebut sebelumnya merupakan jalan yang dimiliki PT. Antam, yang sejak tidak beroperasi menyerahkan asetnya kepada Provinsi Banten.

"Negeri di Atas Awan ini memang tidak seperti wisata Dieng yang harus berjalan kaki menuju puncak agar dapat menikmati "sunrise" dan awan. Tapi NDA merupakan wilayah lintas Alam, dimana kita bisa menikmati sunrise dan gumpalan awan dengan tetap berada di dalam mobil saat melintas, ibarat kita sedang berada di dalam pesawat terbang yang sedang mengudara. Dan sebelum menuju puncak gumpalan awan kita melewati satu wilayah yang tertutup kabut dan jika pada siang hari nya dapat terlihat dari puncak saat awan menghilang," katanya.

Gubernur menambahkan, bagi yang tetap penasaran ingin mengunjungi wisata Negeri Di Atas Awan, Citorek Kidul, Lebak, diharapakan untuk tidak terlalu berekspektasi lebih karena kondisi destinasi ini baru sebatas "instagramable", dan merupakan lintas wisata alam yang dapat dicapai dari Tangerang ataupun Serang selama kurang lebih 4 jam. 
 

Pewarta: Mulyana

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019