SMKN 4 Cilegon menutup Pendidikan Pendahuluan Bela Negara dan Pembentukan Karakter dirangkaikan dengan penaikkan tingkat Taruna-Taruninya dengan menggelar upacara di Lapangan Apel SMKN 4 Cilegon (11/09/2019) dengan bertindak sebagai Pembina Upacara Komandan Lanal Banten Letkol Laut (P) Golkariansyah.

Pendidikan Pendahuluan Bela Negara dan Pembentukan Karakter sebelumnya telah dilaksanakan pada tanggal 25 - 31 Agustus 2019 di Padarincang Curug, Cigumawang, Serang, Banten dengan pelatih berasal dari Lanal Banten.

Menurut Kepala Sekolah SMKN 4 Cilegon, Mohamad Abror, bahwa SMKN 4 Cilegon merupakan sekolah kejuruan dalam bidang pelayaran, sehingga dalam Pembentukan karakter dan pembinaan mental kedisiplinan menggandeng TNI AL dalam hal ini Lanal Banten. Dia berharap para Taruna-Taruni disamping dibekali ilmu pelayaran juga dibekali ilmu kedisiplinan, pembentukan karakter, kebangsaan, cinta tanah air dan patriotiisme sehingga kelak setelah lulus mereka dapat bermanfaat bagi masyarakat bangsa dan negara.

Menurut Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten, Wawan yang turut hadir pada upacara tersebut, bahwa Provinsi Banten senantiasa mendukung penuh SMK SMK di Provinsi Banten dalam kegiatan-kegiatan positif termasuk Pendidikan Pendahuluan Bela Negara yang diselenggarakan oleh SMKN 4 Cilegon. Karena dengan dibekali mental kedisiplinan dia yakin para lulusan SMK mampu menghadapi tantangan dan kebutuhan industri.

Pada kesempatan lain, Ketua Komite SMKN 4 Cilegon yang juga merupakan Anggota DPRD Kota Cilegon dari Fraksi PAN, Hasbudin bahwa memiliki pengalaman dulu ketika masih diusia sekolah sudah membiasakan dengan hidup disiplin. Disiplin dalam belajar, disiplin dalam beribadah dan disiplin waktu. Hal itulah yang menjadikan dia bisa menjadi seperti saat ini, menjadi orang yang berhasil dalam karir. Jadi menurut dia disiplin adalah modal utama dan sangat penting bagi Taruna-Taruni.

Pada Upacara Penutupan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara dan Pembentukan Karakter, SMKN 4 Cilegon menampilkan kepada para tamu undangan berupa Atraksi Senam Perahu Karet dirangkaikan dengan atraksi Merakit alat selam dengan mata tertutup, demonstrasi Beladiri Karate oleh Taruna Habibi yang telah menjuarai kejuaraan tingkat Asean dan Rampak Bedug SMKN 4 Cilegon.

Turut hadir pada upacara Kepala Kantor Cabang Dinas Wilayah Serang-Cilegon Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten Ahmad Ridwan, mewakili Dir Ditpolairud Polda Banten AKBP Agung Riyanto, Pengawas Pembina SMK Kota Cilegon, Bpk Ujang Saprudin, para perwira Staf Lanal Banten, perusahaan-perusahaan mitra SMKN 4 Cilegon, ASDP, KSOP dan Camat Pulomerak.

SMKN 4 Cilegon berharap, kedepan bisa memiliki alat simulator pelayaran sebagai alat praktek Taruna-Taruninya.

Pewarta: Susmiyatun Hayati

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019