Sebanyak 1.500 anak bawah lima tahun atau balita di Kabupaten Lebak, Banten, diberi kapsul vitamin A guna meningkatkan kesehatan tubuh anak agar tidak mudah terserang berbagai penyakit infeksi.

"Kami mengapresiasi partisipasi masyarakat begitu tinggi untuk pemberian vitamin A hingga melebihi target dari 1.200 menjadi 1.500 balita," kata Kepala Puskesmas Kolelet Wetan Rangkasbitung Kabupaten Lebak Hj Anah Hasanah di Lebak, Kamis.

Pemberian kapsul vitamin A dilakukan setiap bulan Agustus dan Februari guna meningkatkan kualitas kesehatan anak balita.

Sebab, anak merupakan generasi penerus bangsa yang harus diperhatikan tumbuh kembangnya agar tidak mudah terserang berbagai penyakit infeksi.

Pemberian vitamin A pada anak balita sangat penting dan diperlukan oleh tubuh, seperti makanan yang mengandung vitamin A antara lain protein hewani, protein nabati, sayuran dan buah-buahan.

"Semua anak balita wajib mendapat vitamin A melalui posyandu, pustu, poskesdes dan puskesmas," ujarnya menjelaskan.

Pemberian kapsul vitamin A tersebut dapat menekan angka kematian sebesar 20 persen juga mengurangi balita yang menderita penyakit infeksi, campak, diare dan kebutaan.

Baca juga: Dukung Yayasan Bulan, Pemkab Lebak hibahkan kendaraan operasional

Selain itu juga secara universal dapat menurunkan risiko kematian anak hingga 24 persen berdasarkan WHO (World Health Organization).

Pemberian kapsul vitamin A dibagikan dua warna biru untuk anak balita usia 6-11 bulan dan merah usia 12-59 bulan.

Perbedaan warna itu menunjukkan perbedaan dosis vitamin A yang terkandung untuk merah mengandung 100.000 SI vitamin A khusus anak 6-11 bulan.

Sedangkan kapsul vitamin A berwarna biru mengandung 200.000 SI vitamin A khusus anak 12-59 bulan.

"Pemberian vitamin A berjalan lancar dan masyarakat mendatangi pos pelayanan kesehatan, karena manfaatnya luar biasa untuk menjaga kualitas kesehatan anak," katanya.

Sementara itu, Aminah, warga Desa Kolelet Wetan Rangkasbitung Kabupaten Lebak mengaku anaknya merasa lega setelah dilakukan pemberian kapsul vitamin A secara gratis dari pemerintah daerah.

Pemberian kapsul vitamin A kedua kali dan hingga kini kondisi kesehatan anak cukup baik. "Kami merasa terbantu dengan adanya program pemberian vitamin A untuk kesehatan anak balita," katanya.*

Baca juga: OPD di Lebak diajak tingkatkan efektivitas dan efisiensi

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019