Sebanyak 23 siswa dari berbagai sekolah menengah atas di Provinsi Banten mendapat pembekalan pelatihan jurnalistik dan etika menggunakan media sosial (medsos) di Cilegon, Banten, Rabu (14/8/2019).

Salah seorang instruktur yang juga jurnalis senior Perum LKBN Antara Ridwan Chaidir mengatakan, tujuan pelatihan selain untuk mengenalkan bidang jurnalistrik juga diharapkan peserta dalam waktu singkat mampu membuat tulisan selama mengikuti muhibah Siswa Mengenal Nusantara ke Provinsi Aceh.  

“Karena salah satu tugas mereka nantinya harus membuat catatan perjalanan selama perjalanan mereka dalam bepergian untuk mengenal Nusantara,” kata Ridwan Chaidir.

Sebetulnya, kata dia, menulis itu mudah dan bisa dilakukan siapa saga. Namun untuk menghasilkan produk tulisan berkualitas dan bernilai jurnalistik tentu harus memenuhi syarat-syarat umum.

“Antara lain harus ada unsure 5W plus 1 H dengan menggunakan pola piramida terbalik. Dasar-dasar jurnalistik seperti itulah yang kita berikan sebagai bekal untuk mereka,” katanya.
(A036)

Pewarta: Asep Fatchurrahman

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019