Tumpukan sampah di sekitar Perumahan Laverde, Cluster Viver Jelupang, Serpong Utara Tangerang Selatan dikeluhkan warga lantaran kerap mengeluarkan asap dan bau tak sedap. Selain itu pembuangan sampah yang diketahui liar tersebut hanya berjarak sekitar 20 meter dari pemukiman warga.

Hendro salah seorang warga mengatakan, aktivitas pembuangan sampah di lokasi tersebut telah berjalan sejak lama. Banyak warga sekitar dan sejumlah truk yang sering membuang sampah di dekat rumahnya itu.

"Ya itu memang sampah sudah lama. Saya enggak tahu kalau dari mananya, karena pas ditanya enggak dibilang dari mana. Ada yang pakai truk ada yang pakai mobil buang sampahnya," ungkap Hendro saat dikonfirmasi, Rabu (14/8).

Hendro menyebut, akibat dari adanya pembuangan sampah di lokasi tersebut,  lalat yang dikhawatirkan membawa penyakit mulai bermunculan di sekitar rumahnya.

"Selain asap api pembakaran, lalat juga sudah mulai banyak di sini, dua bulan ini sudah mulai banyak lalat," tambahnya.

Pantauan wartawan di lokasi, tinggi tumpukan sampah tersebut hampir mencapai 5 meter dengan luas sekitar 300 meter, dengan kondisi sampah didominasi oleh sampah yang sudah dibakar.

Sementara Kasi Persampahan pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan Rastra Yudatama mengatakan pihaknya telah meninjau lokasi pembuangan sampah tersebut, dan bersama  petugas lainnya mencari titik api yang kerap menimbulkan asap.

"Sedang di papar sampahnya mencari dan mengurangi asap dan titik api. Intinya kita sudah melakukan langkah-langkah, untuk mengurangi asap yang di timbulkan oleh api yang muncul dari dalam sampah lama di lokasi tanah milik warga," ujarnya.

Pewarta: Deden M Rojani

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019