Kantor Wilayah Kementerian Agama Kabupaten Lebak di Banten terus memantau kondisi jamaah haji dari wilayahnya di Tanah Suci dan supaya bisa secepat mungkin menyampaikan kabar kepada keluarga di Tanah Air jika akan yang sakit atau meninggal dunia.

"Semua calon haji asal Lebak baik, tidak ada laporan sakit maupun meninggal dunia," kata Kepala Seksi Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Kabupaten Lebak Humaedi Hakim saat dihubungi dari Lebak, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa saat ini 707 anggota jamaah calon haji asal Kabupaten Lebak sudah berada di Tanah Suci Mekkah di Arab Saudi. Mereka diberangkatkan dari Tanah Air dalam dua kelompok terbang.

Menurut Humaedi, secara umum seluruh jamaah haji asal Lebak dalam keadaan baik, termasuk yang sudah berusia lanjut.

Baca juga: Bupati Lebak bergerak cepat selamatkan petani akibat kekeringan

Sejak jauh hari sebelum keberangkatan menuju Tanah Suci, ia menjelaskan, petugas sudah sering mengingatkan jamaah untuk menjaga kesehatan dan memanfaatkan waktu istirahat dengan baik karena prosesi ibadah haji cukup menguras tenaga.

"Kami jauh-jauh hari selalu mengingatkan kepada para jamaah haji agar menjaga kesehatan," katanya.

"Kami berharap para calon haji itu bisa menjadi haji mabrur dan kembali ke Tanah Air dengan selamat," ia menambahkan.

Bupati Lebak Iti Octavia juga mengingatkan kepada jamaah haji bahwa ibadah haji membutuhkan stamina tubuh prima.

"Kami minta calon haji di Mekkah itu menjaga kesehatan dan bisa berkumpul kembali di Tanah Air dengan keluarga," katanya.

Dia juga berpesan kepada jamaah asal Lebah agar bersikap baik kepada saudara muslim yang berasal dari daerah maupun negara lain.

Baca juga: Warga Lebak meninggal dunia pasca-gempa bertambah satu


 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019