Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru meninjau Posko antisipasi kebakaran hutan dan lahan di provinsi tersebut untuk melihat kesiapan anggota dan peralatan pemadaman titik api di provinsi itu.

Kedatangan Gubernur Sumsel dalam rangka meninjau Posko antisipasi kebakaran hutan dan lahan di kantor BPBD Kelurahan Talang Betutu Kecamatan Sukarami Kota Palembang itu disambut Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono selaku Komandan Satuan Tugas dan
Kepala BPBD Sumsel yang juga selaku Wakil Komandan Satgas Iriansyah di Palembang, Senin.

Pihaknya mengecek personel dan peralatan terkait kegiatan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sumsel melalui sistem pemantau yang ada di Posko kebakaran hutan dan lahan, kata gubernur.

Gubernur juga minta antisipasi kebakaran hutan dan lahan terus ditingkatkan apalagi memasuki musim kemarau.

“Intinya setelah dicek pelaksanaan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan sehingga semua pihak akan dilibatkan dalam upaya pencegahan, ujar gubernur.

Selain itu melaksanakan koordinasi secara terpadu dan diupayakan tahun ini untuk pencegahannya lebih sedini mungkin.

Baca juga: Kebakaran hutan di Riau akibat pembakaran lahan gambut disengaja

Begitu juga patroli terus ditingkatkan dengan berkoordinasi pada dinas terkait dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan itu, kata Gubernur.

Sementara, Dansatgas antisipasi kebakaran hutan dan lahan Kolonel Arh Sonny Septiono mengatakan, semua peralatan dan perlengkapan pencegahan kebakaran hutan dan lahan siap digunakan termasuk personel juga siap bergerak bila sewaktu-waktu terjadi kebakaran.

Begitu juga BPBD Sumsel terus berupaya dan berusaha untuk meminimalisir munculnya titik panas (hotspot), ditahun ini lebih ditingkatkan koordinasi untuk upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Demikian juga Posko di tingkat kabupaten dan kota maupun di kecamatan akan selalu siaga, kata dia.

Dalam kunjungannya ke Posko tersebut, Gubernur Sumsel beserta rombongan selain menerima penjelasan dari Dansatgas Karhutla tentang pelaksanaan penanggulangan juga melakukan meninjau kesiapan Satgas Udara.

Baca juga: Pingsan saat padamkan karhutla, anggota BPBD Aceh Barat jalani perawatan

Pewarta: Ujang Idrus

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019