"Ngagurah dano" atau lomba menagkap ikan secara beramai-ramai akan turut memeriahkan pada  rangkaian acara Anyer Karakatau Cultur Festifal (AKCF) yang dijadwalkan digelar  pada 28 Juli 2019.                                        

 Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat dihubungi Antara di Serang, Rabu, mengatakan ngagurah dano merupakan salah satu agenda kegiatan AKCF yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Kabupaten Serang.                        

"Kami agendakan AKCF secara maraton untuk memulihkan Anyer khususnya, dan umumnya untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Kabupaten Serang, salah satunya adalah ngagurah dano," kata Tatu.

Baca juga: Bupati Serang minta SD terdampak jalan tol Panimbang segera direlokasi

Ngagurah dano merupakan tradisi masyarakat menangkap ikan di aliran sungai Cidano yang berada di dua kecamatan, yakni di perbatasan Desa Rancasanggal, Kecamatan Padarincang, dan Desa Cikolelet, Kecamatan  Cinangka, Kabupaten Serang, Banten.                          

Ngagurah dano merupkan tradisi turun temurun nenek moyang yang mencerminkan kebersamaan masyarakat menagkap ikan dan menjaga lingkungan.              Pemerintah Kabupaten Serang yakin pariwisata pantai Anyer dan Cinangka terus bangkit pasca tsunami yang melanda Selat Sunda akhir Desember 2018 lalu.              
Salah satu upaya membangkitkan pariwisata Anyer-Cinangka, Pemkab Serang dengan menggelar Anyer Krakatau Cultur (AKCF) 2019 yang sudah di mulai sejak maret dan akan berlangsung hingga Oktober 2019.  

Selain itu, rangkaian AKCF juga akan mengelar Selat Sunda  Fishing Competition,  yakni lomba mancing di Pulau Sangiang yang di sisipi dengan misi menjaga laut, memancing dengan ramah lingkungan, dan dengan alat-alat laut,  serta menempuh perjalanan dengan kapal menuju rumpon yang banyak ikan di sekitar Pulau Sangiang.                                

Sebelumnya, dalam rangkaian AKCF telah digelar Festival Jurus Silat Kaserangan yang berlangsung pada 16 Juli lalu di Pantai Pal Anyer, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang.                                          

Festival Silat Kaserangan tersebut berjalan sukses. Bahkan hadir dua turis asing, yakni Dipanwita Chakraborty (India) selaku Corporate Responsilibility Director PT Cargill-Asia Pasific dan Meagan Andrews (Kananda) selaku Program Director Care Internasional. Hadir pula Elin Devina selaku Staf Deputi Pemasaran Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Baca juga: Bupati Serang: Pengembang perumahan wajib bangun fasos-fasum

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019