Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyatakan, realisasi proses  tender pengadaan barang dan jasa Pemerintah Kabupaten Serang  sebanyak 122 paket pada bulan Juni 2019 telah selesai.                                        

"Realisasi tender sebanyak 56,48 persen dari target yang telah kita usulkan ke ULP yaitu sebanyak 203 paket atau sebesar Rp422 miliar lebih," kata Tatu pada Rapat Dinas Eselon 2 dan 3 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Serang, di Serang, Senin.                                    

Tatu menjelaskan untuk realisasi pengadaan langsung yaitu sebanyak 96 paket atau 5.5 persen dari rencana umum pengadaan langsung sebanyak 1750 paket.      

Baca juga: Silpa APBD Kabupaten Serang 2018 berasal dari efisiensi OPD

 "Penyerapan tersebut masih tergolong rendah mengingat kita sudah masuk ke semester 2, maka saya minta kepada kepala OPD agar segera menyelesaikan proses pengadaan barang dan jasanya sesuai dengan target yang sudah di tentukan," katanya.                          

Pada rapat dinas tersebut Bupati Serang juga meminta kepada semua OPD agar mengoptimalkan berbagai aplikasi yang sudah di buat baik yang bersifat internal maupun eksternal.                                      

Khusus untuk aplikasi pelayanan kepada masyarakat, Ia meminta agar di sosialisasikan dengan maksimal, sebab berbagai aplikasi tersebut  merupakan kewajiban dalam rangka pelaksanaan Peraturan Pemerintah  Nomor 38 tahun 2017 tentang inovasi daerah.                                  

Tatu menambahkan, untuk aplikasi sistem surat masuk dan surat keluar  (Sisumaker) yang sudah di sosilisasikan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Serang supaya segera dilaksanakan.                                  

"Saya perintahkan untuk segera dilaksanakan, saya mendapat informasi dari kominfo bahwa ada beberapa OPD yang belum menyerahkan data kepada kominfo, saya minta supaya segera melengkapinya agar semua berjalan dengan lancar," katanya.              

Selain itu, kata Tatu, berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan Anyer Krakatau Cultur Festival (AKCF) agar  semua OPD ikut serta dalam kegiatan tersebut.                            
"Saya minta kepada semua OPD agar berperan aktif baik dalam kegiatan maupun membantu  mempromosikan kegiatan tersebut. Dan kegiatan harus berdampak positif terhadap peningkatan perekonomian masyarakat.                                    

Terkait dengan perubaha anggaran tahun 2019 ia  juga  minta agar semua OPD mengusulkan pergeseran anggaran kepada Bapeda untuk penyempurnaan bahan dokumen perencanaan kerja pemerintah daerah perubahan tahun 2019.

Baca juga: DPRD Serang Tetapkan Perda Pelaksanaan APBD Tahun 2018

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019