Badan  SAR Nasional (Basarnas Provinsi Banten akan membanguna Posko SAR di Kabupaten Lebak, guna memaksimalkan penanganan bencana di daerah itu.

Kepala Basarnas Provinsi Banten M Zaenal Arifin berkoordinasi dengan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya di Lebak, Kamis, terkait rencana pembangunan Posko SAR  dan   meningkatkan sinergi penanganan bencana alam yang sewaktu-waktu bisa terjadi di Kabupaten Lebak.

"Dengan adanya koordinasi dengan Bupati Lebak  terkait penanganan musibah diharapkan ke depan pemda dan Basarnas bisa lebih efektif menangani  bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi," kata Zaenal.

Baca juga: Jumlah kemiskinan di pedalaman Lebak menurun

Baca juga: Warga Lebak mengalami krisis air bersih akibat kemarau

Apalagi, kata dia, Kabupaten Lebak masuk dalam zona rawan bencana.

Dengan adanya koordinasi seperti ini, lanjut Zaenal, Basarnas Banten akan membentuk atau membangun Posko  SAR di wilayah Kabupaten Lebak agar jika nantinya ada bencana   lebih cepat menangani kejadiannya.

"Kalau melihat posisi Kantor Pusat Basarnas Banten, yakni di Kramatwatu, kan agak jauh menuju Lebak, jjadi dengan adanya Posko SAR di sini lebih efektif dan lebih cepat menanganinya," ujarnya..

Kabag Humas Sekretariat Kabupaten Lebak,  Eka Prasetiawan  mengatakan  rencana pembangunan Pos SAR  di daerah itu diharapkan dapat membantu pemkab khususnya masyarakat Lebak dalam penanganan bencana.

"Ibu Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengapresiasi rencana tersebut dan akan segera mencari lahan yang tepat" ujarnya. 

Untuk lokasinya, kata Eka, kemungkinan di wilayah selatan Lebak, namun belum bisa memastikan karena tergantung kebijakan Bupati Lebak.

Baca juga: Dana desa di Lebak difokuskan kembangkan ekonomi warga

Baca juga: Tetua Badui tegaskan pejabat harus berani cegah korupsi
 
Kepala Basarnas Provinsi Banten M Zaenal Arifin berkoordinasi dengan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya di Lebak, Kamis, terkait rencana pembangunan Posko SAR. (Foto Humas Pemkab Lebak)

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019