Rencana pembangunan destinasi wisata religi Banten oleh Kementerian Pariwisata  RI akan dimulai dari Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, yakni di Makam Syekh Nawawi Al-Bantani.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Kementerian Pariwisata terlebih dahulu akan  mendata seluruh destinasi wisata religi di Kabupaten Serang sebelum membangun  di seluruh Provinsi Banten.

"Tidak hanya satu, tapi di seluruh kabupaten Serang, ada beberapa destinasi wisata religi di sini, kita akan bangun tapi agar pasti kita akan mulai dari Tanara," kata Arief saat acara Bimbingan Tekhnis  Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Wisata Sejarah dan Warisan Budaya di Ponpes An-Nawawi Tanara, Kabupaten Serang, di Serang,  Jumat.

Baca juga: Bupati Tatu gagas wisata religi Syekh Nawawi Albantani
                                                                 Ia, menjelaskan meski saat ini pihaknya belum mempunyai master plan pembangunan tersebut, namun ia  meminta kepada tim ahli di Kementerian Pariwisata untuk memasukkan Tanara ke dalam master plan wisata religi tersebut.
                                                             "Kita belum punya master plan untuk wisata religi, tapi nanti akan kita buatkan, lalu kita fokus di sini, karena ini potensinya besar tinggal  bagaimana nanti pengelolaannya. Kemudian  soal kali mati, saya bukan ahlinya, tapi saya membayangkan seperti di kota-kota besar, saya minta supaya dibuat seperti itu," tegasnya.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menuturkan, pembangunan destinasi wisata religi di Tanara harus dimulai bersama-sama, baik pemerintah maupun masyarakat sekitar.

"Pemda harus beriringan, kali mati bisa dari Kementerian PUPR melalui balai besarnya akan merevitalisasi itu, Kemenpar masuk untuk membuat destinasi wisata air," kata Tatu.

Sedangkan tugas Pemda lanjutnya,  harus memastikan tidak akan ada bangunan di sepanjang Kalimati itu, bahkan dirinya meminta kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan di sekitar kali tersebut.

"Di pinggir sungai tanggungjawab Pemda dengan masyarakat supaya tidak ada bangunan di sana, jadi harus saling mengisi, harus ada pelatihan juga," ujarnya. 

Baca juga: Menpar dukung pengembangan wisata religi Syech Nawawi Albantani

Baca juga: Bupati Serang pantau lokasi Islamic Centre Syech Nawawi Albantani

 

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019