Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melakukan ujicoba penggunaan pallet berbahan plastik sebagai penutup saluran air.

Ujicoba dilakukan langsung Wali kota Tangerang H. Arief R. Wismansyah didampingi Plt Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang H Tatang Sutisna, Rabu dengan menggunakan beberapa jenis pallet plastik.

Wali Kota Arief mengungkapkan penggunaan pallet berbahan dasar plastik dinilai lebih efektif dan mempermudah pekerjaan petugas dalam menjaga kebersihan saluran air.

"Kalau yang dari beton harus diangkat dua orang, tapi kalau ini kan sendiri juga bisa. "Karena kan bobotnya jauh lebih enteng dan simpel," ucap Arief saat melakukan ujicoba di kantor Dinas PUPR Kota Tangerang.

Baca juga: Wali Kota Tangerang imbau warga tak menutup saluran air dengan beton

Arief menambahkan dengan penggunaan pallet plastik sebagai penutup saluran air yang ada di Kota Tangerang akan memudahkan masyarakat untuk memantau adanya sampah di saluran - saluran air.

"Masyarakat juga bisa ikut bantu pantau, kalau ada sampah juga bisa dibersihin langsung," terangnya.

Namun demikian, Wali Kota menilai masih diperlukan beberapa penyesuaian untuk dapat menggunakan pallet dengan bahan dasar plastik tersebut.

"Daya tahannya ada beberapa jenis, tinggal dipikirkan lagi beberapa kekurangan kalau pakai pallet plastik," katanya.

Baca juga: Pemkab Tangerang lebarkan saluran di jalan protokol cegah banjir

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019