Bupati Pandeglang, Provinsi Banten Irna Narulita menyatakan pembangunan berbagai sektor akan terus ditingkatkan guna memajukan daerah itu dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Tugas kita adalah melanjutkan estafet perjuangan para pendahulu yang telah lebih dulu menancapkan tonggak pembangunan di Pandeglang," katanya pada puncak peringatan HUT ke-145 Kabupaten Pandeglang di Pandeglang, Senin.

Irna mengimbau, pelaksanaan hari jadi yang dilaksanakan tiap tahun senantiasa bukanlah satu seremonial semata, melainkan harus selalu ditempatkan sebagai energi positif yang mampu mendorong performa dan kinerja terbaik dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik (good governance).

"Mengiringi usia yang ke -145, Kabupaten Pandeglang sukses menorehkan sejumlah prestasi. Pada tata kelola pemerintahan Pandeglang meraih penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) untuk SAKIP predikat BB , tiga besar pada penilaian Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) secara nasional," katanya.

Pada tata kelola keuangan daerah, Kabupaten Pandeglang meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) selama dua tahun berturut-turut, dan akan terus dipertahankan.

Capaian lainnya, kata dia, selama pemerintahannya bersama Wakil Bupati Tanto Warsono Arban banyak pembangunan yang telah dilaksanakan,sebagai bentuk nyata dari kinerja yang dilakukan pemerintah daerah.

."Pengangguran saat ini sudah menurun, penduduk miskin juga menurun, selama kurun waktu tiga tahun sudah terbangun 559 unit sarana prasarana kesehatan, peningkatan produksi pertanian hingga bisa mengekspor ke berbagai negara, diantaranya manggis diekspor ke China," katanya.

Selain itu, kata dia, Pemkab Pandeglang telah membangun jalan sepanjang 491,56 Km, terbangun jalan paving blok sepanjang 536,74 Km, jembatan 298 unit dan 255 unit sarana air bersih.

Kemudian, kata dia, bantuan BSPS sebanyak 4.478 unit, pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 1.007 unit, peningkatan angka harapan hidup bertambah satu digit menjadi 63,82 dan angka harapan hidup meningkat jadi 64,04.
 

Pewarta: Sambas

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019