Wali Kota Tangerang yakni Arief R Wismansyah mengatakan, potensi perkembangan ekonomi syariah di kota urban dan metropolitan saat ini memiliki peluang yang sangat besar.

Maka itu, perkembangan transaksi secara online yang kini banyak dikembangkan dan mengusung konsep syariah, tentunya akan memiliki peluang.

Oleh karena itu, Wali Kota mengajak pemuda untuk menangkap peluang yang ada khususnya transaksi secara online dengan konsep syariah.

"Sehingga dalam berdagang dan bertransaksi baik secara online maupun komersil harus berdasar pada konsep syariah. Dengan begitu akan memiliki nilai berkah," ujarnya.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana, Lucky Nugroho mengatakan, dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia sangat memiliki peluang untuk pengembangan ekonomi khususnya Syariah.

Perkembangan teknologi informasi secara pesat saat ini, sangat semakin memudahkan dalam bersosialisasi dan dicari masyarakat. Konsep keuangan syariah yang menjunjung keadilan, bukan hanya profit semata menjadi banyak orang tertarik.

Sebab, masyarakat sekarang ini sudah menghindari banyak hutang dengan syarat mudah namun terbebani di akhirnya. "Dengan adanya landasan agama maka akan sangat terbuka peluang ekonomi syariah ini. Sebab, keuntungannya juga menjadi bagian dari zakat," ujarnya.

Universitas Mercu Buana, katanya, juga akan membuat Prodi khusus ekonomi syariah. Hal ini didasarkan dari proses seminar yang dilakukan dan juga survei yang dilaksanakan.

Bahkan, pihaknya sangat terbuka untuk membantu pemuda dalam mengembangkan bisnis dengan ekonomi syariah. "Kita siap membantu masyarakat untuk mengembangkan usaha dengan konsep syariah. Kita sudah siapkan sistemnya dan para pemuda untuk menjalankannya," tegasnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019