Siswa dari berbagai sekolah mengikuti kegiatan FitOlypic yang memperlombakan  permainan tradisional  Indonesia di Solo Jawa Tengah.

"Kegiatan ini untuk memberikan edukasi kepada anak-anak mengenai manfaat permainan tradisional," kata Muji Sarjono, GM Human Capital & General Affair PT Madurasa Unggulan Nusantara selaku penyelenggara dalam keterangan tertulisnya, Senin.

Menurut Muji diselenggarakannya ajang lomba permainan tradisional sebagai bentuk keprihatinan dengan terdesaknya permainan tradisional dengan gadget. 

"Anak kini lebih sering bermain gadget daripada melakukan aktivitas fisik di luar ruangan," ujar dia.

Padahal banyak manfaat yang didapat dengan melakukan aktivitas fisik di luar ruangan. Kondisi inilah yang menimbulkan kekhawatiran bagi orang tua. 

Melihat pentingnya edukasi tersebut, diselenggarakan kompetisi "Fitolympic" yang digelar di Taman Balekambang Solo pada tanggal 30 Maret 2019.

Fit Olympic merupakan kompetisi seperti olimpiade untuk permainan tradisional yang dilakukan oleh anak-anak sekolah dasar. 

Terdapat tiga cabang permainan tradisonal yang dipertandingkan yaitu bola gebok, gobak sodor, dan balap karung estafet.

Fitolympic sendiri diambil dari kata Fit dan Olympic. Fit sesuai dengan penyelenggara kegiatan, dan Olympic dari kata Olimpiade. 
 
Anak ini sedang bermain gobak sodor yang memang populer di waktu lalu (Foto ANTARA/ Ganet Dirgantoro)

"Melalui Fitolympic ini, kita ingin mengajak anak-anak dan orang tua untuk bermain bersama di luar ruangan, sekaligus melestarikan permainan-permainan tradisional yang sudah mulai dilupakan," ujar Muji .

Ia menjelaskan, dengan kompetisi ini kami ingin mengajak anak-anak tetap bugar. 

"Jika badan anak-anak kita bugar, maka mau melakukan apa saja atau mau menjadi apa saja pasti mudah. Punya daya tahan tubuh yang kuat itu bagus," ujar Muji. 

Harapannya orang tua tidak perlu khawatir lagi jika anak-anak kita bermain di luar ruangan karena hal tersebut sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang anak, jelasnya.

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019