Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Tangerang, mengirimkan sebanyak 62 kafilah mengikuti MTQ tingkat Provinsi Banten tahun 2019 yang digelar di Kota Tangerang.

"Ini sesuai dengan misi daerah ini bahwa religi dan qori/qoriah mampu mengamalkan serta membaca Alquran saat MTQ," kata Ketua LPTQ Kabupaten Tangerang, Moc. Maesyal Rasyid di Tangerang, Senin.

Maesyal mengatakan sudah melakukan berbagai persiapan dengan pihak terkait untuk mengiriman dan qori/qoriah terbaik yang juara pada tingkat kecamatan.

MTQ tingkat provinsi tersebut dilaksanakan di Kota Tangerang mulai 25-29 Maret 2019 dengan mengikuti 13 cabang yang dilombakan.

Namun cabang yang dilombakan tersebut seperti Tilawah golongan dewasa, remaja, anak-anak, murathaldan penyandang disabilitas netra.

Sedangkan lomba lainnya cabang Tahfidz Quran, golongan satu juz, lima juz, 10 juz, 20 juz serta 30 juz.

Bahkan juga dilombakan cabang Tafsir Quran, untuk Bahasa Arab, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Dia mengatakan cabang lomba lainnya adalah Musabaqah Fahmil Quran (MFQ), Musabaqah Syarhil Quran (MSQ) dan Musabaqah Hifdzil Hadits (MHH) serta Musabaqah Qiraatul Kutub (MQK).

Menurut dia lomba lainnya adalah Musabaqah Khotil Quran (MKQ) golongan naskah Quran, Hiasan Mushaf Alquran, Dekorasi Quran, Kontemporer Quran dan Musabaqah Makalah Quran (MMQ).

Berdasarkan laporan panitia bahwa MTQ Banten diikuti kafilah dari delapan kabupaten dan kota dengan perincian, tuan rumah Kota Tangerang sebanyak 62 kafilah.

Daerah lain yang mengikuti, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Serang, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang masing-masing 62 kafilah.

Untuk kontingen dari Kota Cilegon sebanyak 58 kafilah dan Kabupaten Lebak (57 kafilah), maka total kafilah 487 orang.
 

Pewarta: Adityawarman(TGR)

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019