Pemerintah Kabupaten Lebak membangun destinasi pariwisata untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah, karena memiliki wisata unggulan nasional berbasis lokal.

"Kita memiliki wisata budaya Badui dan wisata pesisir Pantai Sawarna yang mendunia," kata Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya saat dihubungi di Lebak, Rabu.

Pembangunan sektor pariwisata itu disampaikan Bupati Lebak Iti Octavia saat menghadiri Kongres Teknologi Nasional (KTN) 2019 yang berlangsung di Jakarta.

Dimana pada acara kegiatan KTN juga dihadiri Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza.

Menurut bupati, pembangunan sektor pariwisata juga sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat yang menggalakan pengembangan wisata daerah.

Karena itu, Pemkab Lebak memiliki visi 2019-2024 Lebak menjadi destinasi wisata unggulan nasional berbasis potensi lokal agar mampu mendorong pertumbuhan ekonomi yang bisa langsung dirasakan masyarakat.

Pembangunan destinasi wisata itu karena didukung tumbuhnya sektor industri kreatif. 

"Kami yakin sektor pariwisata mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah juga langsung dirasakan masyarakat setempat," ujarnya menjelaskan.

Menteri Pariwisata Arif Yahya menjelaskan  keberhasilan sektor pariwisata dalam mendongkrak perekonomian Indonesia.

"Pada 2019, industri pariwisata diproyeksikan menyumbang devisa terbesar di Indonesia yaitu US$20 miliar," ucapnya.

Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan kegiatan KTN 2019 fokus pada bidang teknologi kebencanaan, sistem pemerintahan berbasis elektronik, perkeretaapian, serta inkubasi bisnis teknologi.

KTN merupakan acara tahunan sebagai media penyampaian hasil-hasil inovasi juga sebagai media komunikasi antara stakeholder, serta wujud pertanggungjawaban pada publik terhadap kinerja BPPT, lembaga riset, perguruan tinggi dan industri.

Disamping itu sejalan dengan isu strategis dan juga mendukung akselerasi program prioritas pembangunan pemerintah.
ggaraan KTN yang dilaksanakan setiap tahun ini mengusung tema 

"Dalam tema KTN ini untuk penguatan SDM IPTEK sebagai "Penghela Pertumbuhan Ekonomi Menuju Indonesia Maju dan Mandiri." katanya.
 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019