Tiga pegawai negeri sipil (PNS) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lebak lulus seleksi petugas pendamping haji 1440 hijriah atau 2019.

"Semua yang lulus seleksi itu setelah mengikuti tes tahap kedua yang dilaksanakan di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten," kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Lebak Humaedi Hakim di Lebak, Selasa (12/3).

Ketiga PNS itu pertama atas nama Muksin dengan jabatan pelaksana petugas penyimpanan barang milik negara Kemenag Lebak. Kedua Asep Madhuri jabatan guru muda MIN Kabupaten Lebak, sedangkan ketiga Rasman jabatan guru muda MIN Ibnu Kimim Cipanas Kabupaten Lebak.

Mereka PNS Kemenag berhasil lulus setelah menempuh hasil penilaian administrasi, tes kompetensi Tes Computer Assisted Tes (CAT) dan wawancara seleksi calon petugas  haji (TPHI, TPIHI  dan PPIH Arab Saudi) tingkat Kanwil Kemenag Provinsi Banten.

"Kami berharap petugas pendamping haji dari Kemenag Lebak bisa bersinergi dengan pendamping haji lainnya, seperti petugas medis dari dinas kesehatan," ujarnya.

Ia mengatakan, penyeleksian petugas calon haji itu untuk mengoptimalkan pelayanan kepada calon haji Kabupaten Lebak. Dimana petugas itu akan membimbing pelaksanaan ibadah haji dengan benar sesuai rukun ibadah haji di Tanah Suci.

Mereka petugas pendamping jamaah haji juga melakukan bimbingan mulai dari keberangkatan hingga kembali ke Tanah Air. 

"Kami minta petugas haji PNS Kemenag agar memperhatikan dan menjaga kesehatan, karena pelaksanaan haji menguras tenaga banyak," katanya.

 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019