Serang (AntaraNews Banten) - Panitia pemilihan Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Serang Banten  mulai membuka pendaftaran bakal calon Rektor periode 2019-2023 dari Tanggal 20 hingga 27 Februari mendatang.

"Hari ini sudah mulai kita buka untuk pendaftaran hingga 27 Februari, dan batas waktu pengembalian formulir kesediaan paling lambat pukul 16.00 WIB di sekretariat pilrek," kata Ketua panitia pemilihan Rektor Untirta Mas Iman Munandar  saat sosialiasi pemilihan Rektor Untirta di  Serang,  Rabu.

Mas Iman mengatakan, pemilihan Rektor Untirta akan melalui empat tahapan yakni, tahapan penjaringan bakal calon rektor, penyaringan, pemilihan dan penetapan dan pelantikan. Untuk  tahapan pertama yakni penjaringan, panitia akan melakukan seleksi administrasi  pada tanggal 28 Februari sampai dengan 02 Maret, kemudian dilanjutkan dengan tahapan penetapan bakal calon yang akan dilakukan oleh Senat Untirta.

"Tahapan-tahapan berikutnya hingga akhir tahapan yaitu penetapan dan pelantikan pada 14 Agustus 2019 mendatang," katanya.

Dalam pemilihan Rektor Untirta tersebut panitia telah menetapkan beberapa persyaratan, diantaranya pengawai negeri sipil yang memiliki pengalaman jabatan sebagai dosen dengan jenjang akademik paling rendah Lektor Kepala, beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa, berusia paling tinggi 60 tahun pada saat berakhirnya masa jabatan rektor yang sedang menjabat.

"Ada 14 persyaratan yang harus dipenuhi oleh bakal calon, salah satunya adalah sehat jasmani dan rohani, memiliki pengalaman manajerial, dan paling terdah sebagai pejabat eselon II A dil ingkungan instansi pemerintah dan juga beberapa persyaratan yang lainnya," kata mas Iman.

Ia juga menjelaskan,  panitia pemilihan terdiri dari sembilan panitia inti yang terdiri dari tiga dosen merangkap Senat, tiga dosen yang bukan anggota Senat, dan tidak memiliki tugas atau menjabat, serta tiga orang non dosen.

Sementara Rektor Untirta Soleh Hidayat berharap agar pemilihan rektor Untirta bisa berjalan dengan baik, sesuai dengan tema pemilihan yakni  melalui proses pemilihan yang tertib, aman, damai, sejuk dan bermartabat.

"Kita berharap pemilihan rektor nanti berjalan dengan sebaik-baiknya, sebab kita ingin Untirta ini bermartabat. Saya harap ada kesejukan, aman dan damai," katanya.

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019