Serang (Antaranews Banten) - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengapresiasi  kinerja Badan Pertanahan Nasional (BPN) Serang yang telah berhasil  mendapatkan peringkat kedua pada penyerapan program pembagian sertifikat tanah gratis di wilayahnya.
     
"Dengan adanya progran ini diharapkan warga yang akan  melakukan  pinjaman modal usaha melalui bank dengan jaminan sertifikat tanah, agar melakukan perhitungkan dengan baik, seperti usaha yang akan dijalankan, dan  angsuran pinjaman setiap bulannya.  Jangan sampai kita gadaikan tapi tidak ada perhitungan yang matang, sehingga  bisa merugikan sendiri," kata Tatu saat menyerahkan sertifikat tanah gratis kepada 326 warga secara simbolis di Kantor Desa Nagara Padang, Petir, Kamis.
     
Tatu menjelaskan, program pensertifikatan tanah yang dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Serang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyrakat dan untuk memperlancar proses pembangunan.
     
Dengan adanya aset yang dimiliki masyarakat berupa sertifikat tanah, menurut Tatu, masyarakat diharapkan mampu memanfaatkannya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan. 
     
"Ini juga  dimaksudkan untuk mengurangi konflik pertanahan, dengan adanya sertifikat ini diharapkan konflik tanah bisa berkurang," katanya.
     
Pemerintah Kabupaten Serang pada tahun 2018  BPN Serang telah menargetkan penerima sertifikat gratis sebanyak 70 ribu, namun  terealisasi baru  52 ribu warga atau 70 persen.
     
Penerimaan ini  namun ini lebih baik kalau dibandingkan pada tahun sebelumnya; Sementara itu, Kepala BPN Kabupaten Serang, Sudarso mengatakan,  tahun 2018 BPN Serang capaiannya meningkat sebesar 78,32 persen dibandingkan dengan capaian tahun 2017 hanya mencapai 41,52 persen.
     
"Ini hasil kinerja dari Camat, Kepala Desa,  dan warga yang mau bekerja untuk menyelesaikan secara administratif," katanya.
     
Selain itu, Pada Tahun 2019 juga akan ada  42 ribu sertifikat tanah gratis untuk di Kecamatan Baros ada 14 desa untuk 30 ribu  sertifikat  dan Kecamatan Petir 6 desa untuk 1000 sertfikat. “ Sisanya, di  Kota Serang juga kita bagikan di 10 kelurahan dengan kuota 10 ribu sertifikat,” katanya.

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019