Serang (Antaranews Banten) - Polda Banten dan jajaran menurunkan sebanyak 1.516 personel untuk pengamanan sepanjang libur natal dan tahun baru 2019 dalam operasi lilin 2018 di wilayah hukum Polda Banten.
     
''Besok kita akan mulai gelar pasukan untuk operasi lilin 2018. Sebanyak 1.516 personel polisi diturunkan dan dibantu dengan pengamanan dari unsur lainnya," kata Karo Ops Polda Banten Kombes Pol Amiludin Roemthaat di Serang, Kamis.
     
Menurutnya, sebanyak 1.516 personel polisi tersebut terdiri dari Polda Banten 200 personel, jajaran Polres Tangerang Kabupaten 157 perseonel,  Polres Serang 273 personel, Polres Serang kota 228 personel, Polres Cilegon 178 personel, Polres Pandeglang 220 personel, Polres Lebak sebanyak 220 personel polisi.
     
Sedangkan untuk bantuan petugas dari instansi lain, kata Amiludin, sebanyak 882 personel yang terdiri dari unsur TNI 310 personel, Dishub 165 personel,  Satpol PP 163 personel, Basarnas 30, Dinas Kesehatan 70 personel, PMI 30  personel, Damkar serta unsur lainnya.
    
Dalam pelaksanaan operasi lilin tersebut, kata dia, pihak kepolisian sudah memetakan berbagai upaya antisipasi terhadap ancaman keamana, baik pada saat perayaan natal dan juga tahun baru 2019. Diantara perkiraan ancaman gangguan keamanan pada saat natal yakni kontijensi keamanan dan bencana alam seperti ancaman bom, ancaman konser di bulan Desember serta ancaman bendana alam.
     
Sedangkan ancaman kejahatan konvensional pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan, curanmor dan penembakan gelap. Kemudian terkait dengan keamanan, keselamatan dan ketertiban lalu lintas berupa kemacetan di sejumlah lokasi wisata seperti Pantai Anyer, Carita serta kemacetan di pintul tol Merak, Serang Timur dan Balaraja.
      
''Selain di tol dan jalur wisata, ada juga beberapa titik kemacetan di jalur arteri Tangerang-Merak yang perlu diantisipasi, karena ada beberapa titik pasar tumpah," kata Amiludin dalam rapat kesiapan menghadapi libur natal dan tahun baru di pendopo Gubernur Banten.
           

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018