Tangerang (Antaranews Banten) - Perusahaan pengembang pusat belanja asal Jepang, Aeon Mall BSD City menyelenggarakan lomba pelayanan customer di kalangan karyawan melalui ajang "Roleplaying Contest 2018".

"Kami ingin memberikan pengalaman yang berbeda bagi pengunjung mal, yakni dengan memberikan kualitas pelayanan yang baik," kata Presiden Direktur PT Aeon Mall Indonesia, Daisuke Isobe di BSD City, Kota Tangerang Selatan, Senin.

Daisuke mengatakan, di era digital saat ini, customer mendapatkan kemudahan untuk melakukan berbagai hal, salah satunya adalah berbelanja melalui online shop atau e-commerce. Namun ada hal yang tidak bisa di dapatkan oleh customer ketika berbelanja melalui online shop atau e-commerce, yaitu "shopping experience" (pengalaan berbelanja).

Daisuke menjelaskan keinginannya untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang berbeda kepada para customer dengan memberikan kualitas pelayanan yang baik. Roleplaying Contest 2018 adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pelayanan sehingga customer bisa mendapatkan kepuasan ketika berbelanja.

"Roleplaying Contest 2018 merupakan acara yang sangat penting bagi kami karena melibatkan para tenant yang ada di Aeon Mall. Misi kami memberikan lingkungan yang aman dan nyaman, menyediakan produk unggulan dari tenant-tenant terbaik dan juga menyediakan fasilitas bagi customer agar dapat menikmati pengalaman berbelanja dan kuliner di tempat kami," ujar dia.

Roleplaying Contest 2018 dibagi menjadi beberapa tahapan yang sudah dimulai sejak bulan September 2018 lalu. 

Tahapan pertama adalah workshop yang mengajarkan para peserta keterampilan mengenai keramah-tamahan. Tujuan agar peserta nantinya bisa berinteraksi dengan baik kepada customer sehingga bisa menikmati suasana belanja dan merasa dilayani dengan ramah.  Total peserta yang mengikuti workshop berjumlah 296 peserta. 

Setelah mendapatkan pelatihan, para peserta workshop diperbolehkan mendaftarkan diri untuk mengikuti tahapan selanjutnya, yaitu babak kualifikasi. Tahapan ini diikuti oleh 133 peserta dari hampir seluruh tenant Aeon Mall BSD City.
 
Pada tahap kualifikasi yang diselenggarakan pada bulan Oktober 2018 lalu, para peserta memainkan peran sebagai karyawan tenant dan menawarkan produk unggulan mereka kepada model yang sudah ditunjuk sebagai customer serta tak lupa peserta mengaplikasikan pelatihan mengenai pelayanan keramah-tamahan yang sudah di dapatkan pada saat workshop.  

Pada tahap kualifikasi, penampilan dari para peserta dinilai oleh juri dan pelatih workshop keramah-tamahan dari Jepang, Yoko Sugiyama serta pihak manajemen mall. Dari tahapan kualifikasi telah terpilih 16 peserta dengan nilai tertinggi yang bisa masuk ke tahap Final.

Memasuki tahap final, 16 peserta akan unjuk keterampilan yang sudah mereka pelajari dan latih di depan juri seperti Stefanus Ridwan selaku Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Alphonzus Widjaja selaku Sekretaris Jenderal APPBI, Dedy Lumintang selaku Wakil Ketua APPBI DPD Banten dan Daisuke Isobe. 

Konsep serupa (roleplaying contest)  sudah lebih dari 20 tahun diperkenalkan di Aeon Mall Jepang, sedangkan untuk di Indonesia baru pertama kalinya diselenggarakan.

“Untuk ke depannya, kami juga berencana untuk mengadakan roleplaying contest di Aeon Mall Jakarta Garden City, dengan harapan dapat pula berkontribusi kepada peningkatan kualitas pelayanan terhadap customer,” ujar Daisuke.

Baca juga: AEON BSD Lanjutkan Gelaran Ramadhan FunVenture Rayakan Lebaran
Baca juga: AEON Mall BSD Rayakan Hari Jadi Ketiga

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018