Lebak, (Antaranews Banten) - Dinas Perikanan Kabupaten Lebak, Banten, mengajak masyarakat di daerah ini agar membudayakan mengkonsumsi ikan, karena memiliki kandungan protein cukup tinggi.

"Kita berharap mengkonsumsi ikan menjadikan budaya di masyarakat," kata  Kepala Bidang Pengelolaan Pembudidayaan Ikan Dinas Perikanan Kabupaten Lebak Winda Triana saat dihubungi di Lebak, Selasa.

Selama ini, masyarakat Kabupaten Lebak mengkonsumsi makan ikan, baik ikan tawar maupun ikan tangkap masih rendah.

Padahal, mengkonsumsi makan ikan sangat baik untuk pertumbuhan juga mampu mencerdaskan.
Sebab, ikan memiliki protein tinggi juga mengandung omega tiga.

"Kami minta warga agar membiasakan mengkonsumsi makan ikan setiap hari, karena produksi ikan cukup melimpah,meski dipasok dari luar daerah," katanya.

Menurut dia, pemerintah daerah terus mengoptimalkan sosialisasi  kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

Kegiatan sosialisasi kampanye itu ke berbagai elemen masyarakat, lembaga pendidikan hingga organisasi PKK.

"Kami mendorong sosialisasi kampanye Gemarikan agar dijadikan budaya di masyarakat," katanya.

Perwakilan Perum Perikanan Indonesia (Perindo) Kabupten Lebak Arman mengatakan pihaknya memiliki kewajiban untuk mengkampanyekan gemarikan guna membantu mengurangi ketergantungan konsumsi daging sapi yang saat ini harganya tinggi.

Karena itu, dirinya setiap akhir pekan memasarkan ikan tangkap dari nelayan TPI Binuangen.  Pemasaran ikan tangkap itu dengan harga murah dan terjangkau masyarakat.

"Kami berharap masyarakat dapat membudayakan gemar makan ikan," katanya.

 

Pewarta: Mansyur

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018