Serang, (Antaranews Banten) - Pemerintah Provinsi Banten akan menyiapkan lahan sekitar 10 hektare untuk pembangunan pusat distribusi pangan Provinsi Banten yang rencananya di Kecamatan Kopo Kabupaten Serang.

"Hari ini konsultasi publik di lokasi, dilanjutkan rakor harmonisasi dan SK penetapan lokasi," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Banten, Babar Suharso di Serang, Selasa.

Ia mengatakan, lokasi pembangunan pusat distribusi pangan regional tersebut rencananya dibangun di Kecamatan Kopo Kabupaten Serang. Dipilihnya lokasi tersebut karena merupakan daerah pertengahan yakni Kabupaten Lebak, Kabupaten Serang dan juga tidak jauh dari wilayah Tangerang.

Ia mengatakan, saat ini untuk lokasi tersebut tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) penetapan lokasi. Setelah itu dilakukan pengukuran dan pembayaran yang tahapan pelaksanaan oleh tim BPN.

"Mudah-mudahan tahun bisa kekejar karena anggarannya sudah siap. Tim terus bekerja keras," kata Babar. 

Sebelumnya Babar mengatakan, proses pembangunan pasar induk atau pusat distribusi pangan tersebut rencananya akan dimulai pada tahun ini. Adapun tahap awal yang akan dilakukannya adalah proses pengadaan lahan.

Menurutnya, dengan dibangunnya pasar induk itu, maka diharapkan bisa memutus panjangnya rantai distribusi, sehingga bisa menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok.

"Terutama yang punya sentra produksi pertanian. Supaya transaksinya baik, mudah-mudahan harganya baik, masyarakat bisa memenuhi kebutuhannya juga dengan baik," kata Babar.

 

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018