Tangerang (Antaranews Banten) - Kementrian Perhubungan menjadikan gelaran Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi (SAIK) 2018 sebagai media  untuk menginformasikan kepada masyarakat hasil kinerja pemerintah di bidang transportasi dalam kurun waktu empat tahun terakhir.
  
Kepala Bagian Publikasi dan Pelayanan Informasi, Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan, Bambang Widjonarko di Tangerang, Senin, menyatakan  sektor transportasi darat dalam periode 2014-2018 Kementerian Perhubungan membangun pelabuhan penyeberangan di 21 lokasi, serta membangun kapal penyeberangan roro sebanyak 14 unit.
  
Tidak hanya itu, Kementerian Perhubungan juga membangun Bus Rapid Transit (BRT) sebanyak 1.918 unit, serta merehabilitasi terminal di 65 lokasi.
  
Di sektor perkeretaapian, Kementerian Perhubungan membangun jalur kereta api di sejumlah titik di Indonesia, termasuk jalur ganda dan reaktivasi rel sepanjang 735,19 kilometer, serta melakukan peningkatan dan rehabilitasi jalur kereta api sepanjang 394,6 kilometer.
  
Sementara di sektor transportasi laut, lanjut Bambang, Kementerian Perhubungan terus menambah jumlah trayek tol laut.
   
"Pada 2018, sebanyak 15 trayek laut dioperasikan dengan mayoritas rute menyasar kawasan Indonesia Timur," katanya.
  
Kementerian Perhubungan juga membangun pelabuhan non komersial di sejumlah lokasi. Di sektor transportasi udara, Kementerian Perhubungan membangun bandar udara di daerah terpencil hingga perbatasan untuk membuka akses transportasi dan konektivitas.
  
Seperti diketahui, Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi (SAIK) 2018 berlangsung mulai tanggal 2 hingga 4 Desember 2018.
   
Selain pameran, kegiatan yang diawali dengan senam sehat bersama disabilitas ini juga diisi dengan pertemuan bakohumas nasional, Anugerah Media Humas (AMH) tingkat nasional, eksebisi kehumasan, pelayanan publik, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), festival pertunjukkan rakyat dan flash blogging.
   
Acara yang digagas Kementerian Komunikasi dan Informatika tersebut menjadi ajang bagi praktisi humas pemerintah untuk menampilkan kreatifitas dalam menyajikan materi publikasi.
   
Tidak hanya dari pemerintahan pusat namun juga di daerah, BUMN, BUMD serta perguruan tinggi. Terdapat 80 stand pameran yang diisi oleh 31 partisipan Humas dari berbagai instansi pemerintah.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018