Pandeglang (Antaranews Banten) - Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten menyediakan lahan untuk latihan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) seluas 140 hektare di Kecamatan Cimanggu.
   
Bupati Pandeglang, Irna Narulita bersama Danjen Kopassus Mayjen TNI Eko Mardiono, Jumat, meninjau lokasi eks lahan hak guna usaha (HGU) yang akan dijadikan tempat latihan pasukan elit TNI Angkatan Darat tersebut.
   
Danjen Kopassus, Mayjen TNI Eko Mardiono mengatakan dengan diserahkannya lahan eks HGU ini  akan menambah luas tempat latihan bagi para Kopassus.
   
"Selama ini kami memang masih terbatas untuk tempat latihan, lahan ini akan kami maksimalkan untuk latihan," katanya.
   
Ia menjelaskan, seluruh lahan yang akan digunakan seluas 140 hektare, namun saat ini yang sudah terdata baru 100 hektare. Sisanya akan bertahap diselesaikan.
   
"Saya minta masyarakat yang saat ini menggarap di lahan yang akan kita pergunakan untuk latihan tidak boleh tergusur. Mereka harus kita bina," ujarnya.
   
Pada kesempatan itu, dilakukan penyerahan peta blok tanah oleh Bupati Pandeglang  kepada Danjen Kopasus Mayjen TNI Eko Mardiono.
   
"Penunjukan Kecamatan Cimanggu sebagai tempat latihan tempur bagi Kopassus  akan memberikan dampak positif bagi Pandeglang. Kami yakin ke depan Pandeglang akan lebih maju," kata Bupati Pandeglang, Irna Narulita.
   
Kabupaten Pandeglang, kata dia,  masuk dalam derah pariwisata tentu perlu keamanan dan pertahanan, sehingga berdampak pada kenyamanan bagi wisatawan. Pemkab Pandeglang  siap bersama TNI berkolaborasi membangun Indonesia semakin jaya
    
"Lokasi yang akan dijadikan latihan tempur masuk kedalam wilayah Kecamatan Cimanggu, yakni Desa Mangku Alam dengan cakupan wilayah Kampung Pamatang, Kampung Rahong, Kampung Batu Hidueng, dan Kampung Lebak Awi,"  katanya.
   
Acara ini dirangkaikan dengan penutupan latihan triwulan IV untuk Bataliyon 11,12, dan 13 Grup I Kopassus, Bhakti Sosial sebanyak 800 sembako bagi masyarakat Desa Mangku Alam dan pengobatan gratis.

Hadir dalam acara ini Komandan Grup I Kopassus Kolonel Inf Lucky Afianto, Komandan Kodim 0601 Pandeglang Letkol Inf Nur Heru Fitriana Wibawa, Asda Pemerintahan Agus Priyadi Mustika,  Kadi PUPR Girgijantoro, Kabag Humas Basyar, Kabag Pemerintahan  Agus Riyanto, Camat Cimanggu Suhaeli.
 

Pewarta: Sambas

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018