Serang (Antaranews Banten) - Calon anggota legislatif untuk DPRD Provinsi Banten dari  Partai  Solidaritas Indonesia (PSI), Hj Reni Fitriani mengaku ingin melanjutkan pembinaan terhadap para petani, yang  sejak  beberapa tahun yang lalu telah dilakukannya.

"Sejak 2010, saya sudah membina para petani di Kabupaten Pandeglang, dan ini akan saya lanjutkan jika terpilih menjadi anggota DPRD Provinsi Banten pada Pemilu 2019," katanya di Serang, Senin.

Reni yang maju menjadi caleg untuk DPRD Provinsi Banten dari daerah pemilihan Kabupaten Pandeglang ini, menyatakan sektor pertanian merupakan salah satu peranan strategis dalam penyediaan pangan bagi masyarakat.

Diantara  langkah kongkret yang dilakukan adalah dengan  membentuk  sejumlah kelompok  tani yang tersebar di 2 kecamatan di Kabupaten pandeglang.      

"Alhamdulillah sampai saat ini saya sudah memiliki seratus lebih anggota kelompok tani yang  rutin kita berikan pembinaan," katanya.

Menurut Reni yang juga sebagai calon anggota legislatif DPRD Provinsi Banten nomor urut 3 ini,  pembinaan kelompok tani tersebut merupakan wujud keperduliaannya terhadap para petani agar bisa lebih meninggkatkan pertumbuhan pertanian di wilayahnya. Beberapa desa yang menjadi binaannya antara lain Desa Lembur Sawah, Desa Kadu Pinang, Cirugeuh, Cipendeuy, Kandang Sapi dan desa lainnya yang berada di kecamatan cimanuk dan Kecamatan Kaduhejo.

"Saya selalu adakan  beberapa kali penyuluhan agar para petani bisa lebih giat dalam mengelola pertaniannya," ujarnya.

Selain itu,  salah  satu perintis DPW Partai Solidaritas Indonesia Provinsi Banten juga mengatakan  para anggota kelompok tani yang ia bina juga  diberikan modal dalam mengelola pertaniannya berupa pinjaman dalam bentuk seperti  koperasi yang tidak atau tanpa bunga.

" Ya jenis pinjaman nya bermacam macam, ada bibit tanaman, gabah, bahkan untuk modal usaha yang penting para petani itu tidak merasa terbebani oleh bunga atau riba sehingga pada akhirnya saya berharap mereka bisa sejahtera," ujarnya.

Selain itu, dalam waktu-waktu tertentu, HjReni Fitriyani atau yang biasa disapa Hj Enong ini sering melakukan kunjungan ke wilayah yang menjadi binaannya dengan menyantuni anak-anak yatim, janda-janda tua dan para anggota yang dianggap masih kekurangan. ."Sesama muslim kan kita di anjurkan untuk berbagi,  dan itu merupakan salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Tuhan," ujarnya.

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018