Pandeglang (Antaranews Banten) - Bupati Pandeglang, Irna Narulita menyatakan ruatan bumi yang kerap dilakukan oleh warga Kecamatan Sobang jelang musim tanam boleh dikatakan sebuah tradisi, dan harus diniatkan sebagai wujud syukur kepada Allah. SWT, "Lahan yang terus kita pergunakan ini harus disyukuri kepa Allah. SWT.
   
"Selain itu,  harus dirawat dan dipupuk dengan pupuk organik agar mengurangi residu pada hasil pertanian yang kita konsumsi," katanya pada acara ruatan bumi di Kampung Tanjakan Desa Pangkalan Kecamatan Sobang, Rabu (24/10).

Bupati juga berharap, dalam mengolah laham pertanian di daerah tersebut diharapkan menggunakan alat mesin pertanian (alsintan).

"Mesin pertanian yang canggih akan kita putar secara bergiliran, karena sangat dibutuhkan oleh petani disini agar lebih cepat dalam pengolahan lahan," ungkapnya.

Camat Sobang, Subro Mulisi membenarkan jika kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan  oleh warganya. Biasanya sebelum acara ruat bumi, warga terlebih dahulu melakukan ziarah.

"Ketika mulai masa tanam,  mereka akan melakukan syukuran dahulu yang dinamakan ruat bumi. Jika Rabu ini warga melakukan syukuran,  berarti Jum'at kemarin sudah melakukan ziarah di TPU," kata Subro.


 

Pewarta: Sambas

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018