Lebak (Antaranews Banten) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak,Banten, mengoptimalkan sosialisasi kepada kalangan pemilih pemula untuk mensukseskan pemilihan umum (Pemilu) 2019.
     
"Kita berharap pemilih pemula itu dapat menggunakan hak politiknya," kata Cedin Rosyad Nurdin, anggota Komisioner KPU Kabupaten Lebak, Banten, Rabu.
     
KPU memiliki kewajiban untuk mensosialisasikan pemilih pemula guna mensukseskan pesta demokrasi tahun 2019 untuk pemilihan presiden, legislatif dan dewan perwakilan daerah (DPD).
     
Kegiatan sosialisasi juga diikutsertakan partai politik dan masyarakat.
     
Apabila, pemilih pemula yang belum masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) segera melapor pada panitia pemilihan kecamatan (PPK).
     
Saat ini, jumlah pemilih pemula yang masuk DPT tercatat 12.195 jiwa terdiri dari laki-laki sebanyak 6.302 jiwa dan wanita 5.893 jiwa.
     
Namun, diperkirakan pemilih pemula juga tidak tertutup kemungkinan bertambah adanya penduduk baru atau pindahan dari luar daerah.
     
"Kami bekerja keras untuk mensosialisasikan pemilih pemula di sekolah-sekolah,perguruan tinggi,pondok pesantren dan masyarakat," katanya.
     
Menurut dia, pihaknya mendorong pemilih pemula dapat menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019.
     
Sebab, sebagai warga negara yang baik tentu memiliki kewajiban untuk menentukan pemilihan presiden, legislatif dan DPD.
     
KPU Lebak menargetkan partisipasi suara pada Pemilu sekitar 80 persen dari jumlah DPT sebanyak  941.789 jiwa.
     
Cedin juga mengajak masyarakat lebih cerdas dalam menggunakan hak pilih pada Pilpres dengan tidak menerima politik uang. 
     
"Kita berharap Pemilu 2019 berjalan damai dan sukses agar kehidupan masyarakat ke depan menjadi lebih," katanya.

Baca juga: KPU Lebak Temukan 4.994 Pemiih Ganda
 

Pewarta: Mansyur

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018