Cilegon (Antaranews Banten) - PT Synthetic Rubber Indonesia (SRI) membangunkan dan menambah sarana unit pelayanan Puskesmas bagi warga Desa Grogol Indah, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten melalui program tanggungjawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/ CSR).
   
"Pembangunan fasilitas publik ini sepenuhnya kami biayai menggunakan dana CSR melalui kerja sama dengan PT Inti Karya Persada Teknik," kata Direktur PT Synthetic Rubber Indonesia Mursosan Wiguna di Grogol Indah, Kabupaten Serang, Banten, Kamis.
   
Mursosan dalam sambutannya saat peresmian Puskesmas baru tersebut berpesan agar warga dapat bersama-sama menjaga keasrian dan kebersihan fasilitas publik ini. 
   
Fasilitas Puskesmas ini terdiri tiga bilik yang menyediakan fasilitas berupa pelayanan kesehatan, konsultasi, dan Posyandu. 
   
Sebelum dibangunnya fasilitas kesehatan ini warga Desa Grogol Indah jika ingin pergi ke Puskesmas harus menempuh jarak sekitar lima kilometer. 
   
Selain itu, selama ini bilik pelayanan Posyandu juga sangat terbatas selama ini hanya memanfaatkan ruangan sempit yang menyatu dengan balai desa. 
   
"Semoga dengan hadirnya Puskesmas baru ini akan memudahkan warga dalam mendapatkan pelayanan kesehatan" ujar Mursosan.  
   
Mursosan juga mengungkapkan, alasan perusahaan memberikan bantuan CSR tersebut, lantaran pihaknya ingin mengajarkan kepada masyarakat, tentang pentingnya pendidikan kesehatan kepada masyarakat khususnya anak-anak. 
   
Kemudian pertimbangan perusahaan memilih Puskesmas untuk program CSR, Mursosan mengatakan,  minimnya fasilitas kesehatan membuat perusahaan yang selama ini sangat perhatian dengan kondisi lingkungan memilih program tersebut.
   
Hal ini dibenarkan Kepala Desa Grogol Indah, Aceng Barmawi yang mengatakan,  fasilitas seperti ini memang belum ada di wilayah desa yang dipimpinnya untuk itu mewakili pemerintah Desa sangat berterimakasih dengan dibangunnya fasilitas ini.
 
Peresmian Puskesmas mendapat sambutan positif dari warga Grogol Indah (Antara Foto/ Susmiyatun Hayati)

   
Tidak hanya membangun Puskesmas,  sebelumnya PT Synthetic Rubber Indonesia bersama IKPT juga membantu membangun ruang terbuka hijau dan taman bermain anak di wilayah Kecamatan Anyer. 
   
"Saya berharap kedepannya kontribusi yang diberikan akan lebih banyak lagi," ujar dia.
   
PT SRI merupakan perusahaan joint-venture antara  PT Chandra Asri Petrochemical Tbk dan Michellin dengan total investasi sebesar 435 juta dolar AS, memproduksi Polybutadiene Rubber dengan Neodymium Catalyst dan Solution Styrene Butadiene Rubber; yang merupakan bahan baku untuk memproduksi ban ramah lingkungan dengan target produksi sebesar 120.000 ton per tahun.

Baca juga: Synthetic Rubber Indonesia Bangun Taman Anak
Peresmian Puskesmas mendekatkan kepada warga (Antara Foto/ Susmiyatun Hayati)

Pewarta: Ganet Dirgantara

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018