Cilegon (Antaranews Banten) - PT Synthetic Rubber Indonesia berkerja sama dengan PT Inti Karya Persada Teknik (IKPT) membangun ruang publik taman ramah anak dan penyediaan ruang terbuka hijau berlokasi di Kantor Kecamatan Anyer Jalan Pabuaran Jaha, Desa Mekarsari, Kabupaten Serang.
     
"Pembangunan fasilitas publik ini dibiayai sepenuhnya dari dana tanggungjawab sosial perusahaan  (CSR)," kata Direktur PT Synthetic Rubber Indonesia, Mursosan Wiguna di Cilegon, Senin.
     
Mursosan mengatakan, fasilitas ini selain  dilengkapi dengan sarana bermain juga menyertakan sarana penunjang keselamatan (safety) bagi anak-anak.
   
"Saya hanya berpesan kepada warga agar selain fasilitas ini dimanfaatkan  juga dapat menjaga keasrian dan kebersihannya," ujar dia.
   
Ruang terbuka hijau yang diresmikan pada hari Kamis (16/8) berada di atas lahan seluas 350 meter persegi dengan biaya Rp300 juta, jelas Mursosan.
   
Mursosan juga mengungkapkan kalau fasilitas ini merupakan proyek percontohan dengan harapan langkah serupa juga dapat diikuti perusahaan lain untuk turut membangun lingkungan sekitarnya.
   
Alasan perusahaan  mengusung konsep ruang terbuka hijau, dengan dilengkapi taman bermain anak, lantaran pihaknya ingin mengajarkan kepada masyarakat, tentang pentingnya menjaga keamanan terutama pendidikan safety sejak dini kepada masyarakat khususnya anak-anak. 
     
"Untuk itu pada taman ini, disetiap sudutnya terdapat tempat cuci tangan dan kaki yang bisa dimanfaatkan warga dan anak-anak  sekitar untuk membersihkan tangan dan kaki setelah bermain. Sebetulnya yang kita harapkan arahnya adalah safety," ujar dia.
     
Kemudian alasan perusahaan memilih  ruang terbuka hijau dan taman anak-anak untuk program CSR perusahaan, Mursosan mengatakan, mengingat fasilitas semacam ini masih minim di kawasan ini.
   
Hal ini dibenarkan Camat Anyer, Chairil Anwar yang mengatakan,  memang fasilitas ini belum ada di kawasan ini memadukan kawasan hijau dengan taman bermain anak untuk itu mewakili pemerintah daerah sangat berterimakasih dengan dibangunnya fasilitas ini.
 
Fasiitas bermain lengkap (Antara Foto/ Ganet)
Menunggu anak bermain (Antara Foto/ Ganet)

     
Tidak hanya membangun ruang terbuka hijau dan taman bermain anak, PT Synthetic Rubber Indonesia bersama IKPT juga membantu membangun dan menambah pengadaan sarana unit pelayanan Puskesmas di tingkat kelurahan di wilayah Kecamatan Anyer. 
   
"Saya berharap kedepannya kontribusi yang diberikan akan lebih banyak lagi," ujar dia. 

Pewarta: Ganet Dirgantara/ Susmiyatun Hayati

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018