Tangerang (Antaranews Banten) - Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah tengah mengusulkan Raperda Perpustakaan kepada DPRD sebagai upaya meningkatkan minat baca dikalangan masyarakat.

Wali Kota Arief di Tangerang Jumat, menyampaikan hingga saat ini Pemkot Tangerang telah membangun sebanyak 6 kelompok besar perpustakaan dengan total seluruhnya sebanyak 85 unit.

"Selain itu dilakukan pula kerjasama antara perpustakaan daerah dengan perpustakaan nasional. Dengan program inlist terhadap koleksi buku, data pengunjung dan data keanggotaan," katanya.

Wali Kota juga menjelaskan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) kota Tangerang telah memiliki outlet perpustakaan berupa mobil keliling dan perpustakaan mini yang berada di taman - taman, masjid dan posyandu.

"Jawaban ini sekaligus menjawab pertanyaan dari fraksi partai keadilan sejahtera dan fraksi partai amanat nasional," jelasnya.

Dirinya mengharapkan dengan disahkannya Raperda penyelenggaraan perpustakaan menjadi Perda, akan mendorong meningkatnya minat dan budaya baca masyarakat kota Tangerang.

"Diharapkan adanya peningkatan Budaya literasi melalui Raperda perpustakaan," pungkas Arief.

Untuk diketahui, selain Raperda penyelenggaaraan perpustakaan, Pemkot pun menyampaikan Raperda perubahan APBD kota Tangerang tahun 2018 dan Raperda sistem kesehatan daerah serta penyampaian pengantar nota keuangan rancangan APBD tahun anggaran 2019.

Baca juga: Pemkot Tangerang Usulkan Raperda Kesehatan - Perpustakaan

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018