Serang (Antaranews Banten) - Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Serang membekali 23 siswa peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dari Kalimantan Selatan mengenai kewirausahaan dan e-commerce, pada kegiatan program BUMN Hadir untuk negeri di Rumah Kreatif BUMN BRI Serang, Sabtu.
     
Pimpinan Cabang BRI Serang Imam Kusuma Budihardjo saat membuka acara tersebut mengatakan pihaknya menyambut baik kedatangan 23 siswa SMK, SMA dan siswa berkebutuhan dari Kalimantan Selatan tersebut menimba ilmu tentang kewirausahaan dan memperkenalkan proses pemasaran melalui online.
     
BRI, katanya, memiliki banyak Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang tersebar di seluruh Indonesia sebagai salah satu fasilitas bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk mengembangkan, memperkenalkan dan memasarkan produk-produk UMKM, khususnya berbagai produk UMKM yang sesuai dengan karakteristik masing-masing daerah.
     
Para siswa, kata Imam, dibekali ilmu mulai dari membuat manik-manik kemudian memasarkannya melalui online yang dalam hal ini bekerja sama dengan situs "blanja.com"
     
"Pihak blanja.com menjelaskan kepada siswa bagaimana mengakses situs tersebut yang difungsikan sebagai daring produk-produk UMKM. Para penjual produk dapat mengakses domain tersebut tanpa terbatas ruang dan waktu sehingga dapat terus melakukan update terkait jumlah dan kualitas produk dan layanan penjual," katanya.
     
Sementara itu, Susilo, Pengawas SMK dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Selatan, yang mendampingi siswa SMN selama di Banten mengatakan, ilmu pengetahuan yang diberikan pihak BRI tentang kewirausahaan sangat memberikan manfaat yang besar bagi siswa, terutama untuk membentuk wirausahawan-wirausahawan muda.
     
"Paling tidak para siswa akan menambah wawasan yang luas bagaimana menjadi wirausahawan sukses, serta menimba ilmu bagai mana mengakses situs online dalam memasarkan produk di situs tersebut seperti yang diperagakan oleh pihak blanja.com," kata Susilo.
     
Para siswa tidak hanya mendapatkan bekal ilmu kewirausahawan, tetapi BRI juga memperkenalkan produk-produk yang diproduksi oleh usaha kecil binaannya saat meninjau galeri di Rumah Kreatif BUMN BRI.
     
Tingginya antusias siswa terhadap ilmu kewirausahaan itu ditunjukkan dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan siswa kepada pihak penyampai materi, khususnya tentang bagaimana membentuk seorang wirausahawan muda sukses.
     
"Saya tertarik sekali dengan ilmu ini, sehingga beberapa kali saya mengajukan pertanyaan agar ilmu itu dapat diterapkan di daerah saya," kata Abdul Hakim, siswa SMA Negeri 1 dari Kabupaten Tanah Bumbu.  
     
Setelah mendapatkan ilmu kewirausahaan, 23 siswa SMN tersebut menuju Kabupaten Pandeglang menikmati wisata Pantai Tanjung Lesung, dan kemudian menuju Pondok Pesantren (Ponpes) Mabdaul Hidayah.
     
Siswa Mengenal Nusantara yang digelar dalam program BUMN Hadir Untuk Negeri, untuk Provinsi Banten diselenggarankan oleh PT Taspen sebagai PIC, sedangkan PT Krakatau Steel Tbk dan Perum Perikanan Indonesia sebagai Co PIC.
    



 

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018