Jakarta (Antaranews) - Konstruksi Sarang Laba-Laba (KSLL) yang patennya dipegang PT Katama kembali dipercaya sebagai pondasi dua bangunan  Sekolah Polisi Negara (SPN) Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.
   
"Kami menggunakan pondasi KSLL agar bangunan di atasnya kokoh berdiri mengingat lokasinya merupakan lahan rawa serta merupakan bangunan dua lantai," kata Direktur PT Artefak Arkindo, Agus Sudjatmiko selaku manajemen konstruksi SPN Polda Riau di Jakarta, Kamis, 
   
Agus mengatakan, pondasi KSLL telah teruji mampu dipergunakan untuk lahan-lahan ekstrim, bahkan sudah banyak dipergunakan di daerah-daerah yang sering mengalami gempa seperti Aceh dan Padang.
   
Nantinya di lahan seluas 28 hektar itu akan berdiri sebanyak 30 bangunan tiga diantaranya merupakan bangunan dua lantai, sedangkan lainnya merupakan bangunan bukan bertingkat sehingga bisa menggunakan pondasi biasa, jelas Agus.
   
Agus mengatakan, sesuai instruksi Kepala Kepolisian Daerah Riau Inspektur Jenderal Polisi Nandang pembangunan SPN  seharusnya  sudah rampung pada Desember 2018, maka pelaksana dalam hal ini dipegang PT Bangun Karya Mandiri Persada membutuhkan jadwal pekerjaan yang ketat untuk merampungkannya.
     
"Saat ini kami sudah mulai rapat-rapat terkait dengan pekerjaan tersebut untuk kemudian dalam waktu dekat memulai pekerjaan fisik, mungkin kerja bisa sampai pukul 22.00 malam untuk mengejar tenggat waktu yang ditetapkan Polda Riau," ujar dia.
   
Agus mengatakan, dengan kondisi tanah rawa maka pekerjaan pertama yang akan dilaksanakan adalah membuang lumpur di areal yang akan dibangun sampai bertemu dengan tanah dasar, pembangunan akan memanfaatkan tanah dasar di bawah lumpur tersebut sebagai tumpuan. 
 
Kapolda Riau Inspektur Jenderal Polisi Nandang tengah memperhatikan maket Sekolah Polisi Negara di Kabupaten Kampar Provinsi Riau (Antara Foto/ Ganet)
   
Pembangunan SPN menggunakan sumber anggaran dari Dipa Mabes Polri APBN 2018 tepatnya berlokasi di Desa Sungai Pinang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar.
   
Pembangunan tersebut untuk mengganti gedung SPN yang sebelumnya berlokasi di Kota Pekanbaru, dan saat ini diperuntukkan Gedung Mapolda Riau setinggi enam lantai yang masih dalam tahap pembangunan.
   
Selain pembangunan SPN, Polda Riau  juga berencana membangun dua Markas Kepolisian Resort, masing-masing di Kabupaten Kepulauan Meranti dan Rokan Hulu.
   
Konstruksi sarang laba-laba sebelum juga sudah dipergunakan untuk pondasi Gedung Logistik Mabes Polri Jalan Raya Bekasi Timur, Cipinang, Jakarta Timur. 
 
Kapolda Riau Inspektur Jenderal Polisi Nandang bersama Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Ssuanto dalam prosesi peletakan batu pertama Sekolah Polisi Negara (SPN) di Kabupaten Kampar Provinsi Riau (Antara Foto/ Ganet)

Baca juga: Kementerian PUPERA Bisa Terapkan KSLL Untuk Jalan

Pewarta: Ganet Dirgantara

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018