Tangerang Selatan (Antaranews Banten) - Jelang HUT Indonesia hang ke 73, seluruh staf dan pimpinan Kelurahan Kadengmangan, Setu, Tangsel lakukan Kampung Bersih pada Jumat.
   
"Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran menjaga lingkungan bagi masyarakat. Makanya seluruh masyarakat yang tinggal di wilayah Kelurahan Kademangan itu dihimbau untuk menyediakan waktu Jumat pagi," kata lurah Kademangan, Anhar saat ditemui di kantornya, Kamis.
   
Kampung bersih sendiri merupakan salah satu kegiatan yang digagas oleh Kelurahan Kademangan yang diselenggarakan pada Jumat besok. Berisikan tentang keharusan masyarakat untuk menyediakan waktunya di hari Jumat untuk membersihkan lingkungan rumahnya serempak. Namun khusus Jumat ini, masyarakat diminta untuk ikut berpartisipasi dengan Tim Kelurahan Kademangan untuk membersihkan sampah di ruas jalan menuju kantor kelurahan.
   
Anhar menjelaskan, program kampung bersih ini merupakan salah satu upaya Kelurahan untuk memgembalikan jiwa guyub yang diakui sudah mulai hilang. Mengingat, sudah banyak sekali pendatang yang mulai tinggal di daerah kademangan.
   
"Ini kita sekalian juga, memberikan pengertian kepada pendatang, kalau Kademangan itu memiliki masyarakat yang guyub. Sehingga pendatang juga bisa berdaptasi dengan kami," kata Anhar.
   
Dia menambahkan, rencananya Kampung Bersih ini tak hanya dilakukan di hari Jumat ini saja. Melainkan bisa dilangsungkan di setiap Jumat. Supaya, kebersihan lingkungan juga bisa terus digalakan.
   
Di tempat yang sama, Kasi Ekonomi Pembangunan Kelurahan Kademangan, Bambang menjelaskan bahwa program ini menjadi upaya yang efektif untuk membantu Pemerintah Pusat dalam melangsungkan perawatan tata ruang yang ada. Sebab saat ini, kesadaran menjaga lingkungan tiap hari terus berkurang. Sehingga perlu stimulan agar masyarakat bisa mendukung prorgram pemerintah.
   
"Untuk menjaga Kota Tangsel, tentu saja dimulai yang terkecil dulu. Jadi besar harapan kami, dengan adanya program Kampung Bersih ini, masyarakat bisa ikut berpartisipasi, membantu kami, Petugas Pelayanan Pemerintah menjaga lingkungan dan aset Pemerintah," tutup dia.

Baca juga: Tangsel Benahi Kebersihan Di 48 Titik

Pewarta: Annisa

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018