Serang (Antaranews Banten) - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten Ranta Soeharta memilih meninggalkan karier birokrasi sebagai Sekretaris Daerah (Sekda), kemudian terjun ke dunia politik dengan mencalonkan diri sebagai calon legislatif di DPR RI.
   
"Saya sudah diusulin pensiun. Karena saya pangkat sudah mentok, kerja juga sudah 30 tahun lebih. Jadi pensiunnya APS yakni pensiun atas permintaan sendiri. Bisa minggu depan, bisa akhir bulan juga bisa, sesuai Undang-undang kalau itu, kan pada pengumuman DCT," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Banten Ranta Soeharta usai menghadiri paripurna di DPRD Banten, di Serang, Selasa.
   
Ia mengaku sudah berbicara dengan gubernur Banten Wahidin Halim perihal pencalolann dirinya sebagai anggota legislatif. Ia sudah mengajukan pensiun dan akan meninggalkan kariernya di birokrasi untuk terjun ke dunia politik dengan bergabung bersama Partai Nasdem.
   
"Saya tadi susah ngobrol sama pak gubernur. Nanti siap membantu pemprov Banten di pusat. Itupun kalau menang," kata Ranta.
   
Menurutnya, saat ini ia akan fokus untuk mengikuti tahapan atau fase-fase dalam pencalonan dirinya sebagai calon anggota DPR RI dari Partai Nasdem di Dapil II Banten yakni Kota/Kabupaten Serang dan Cilegon.
   
"Ya diikutin aja, kan ada banyak fase-fase. Diikutin aja," kata Ranta.
   
Terkait dengan pekerjaan-pekerjaan yang masih tertunda, ia akan menyelesaikannya seperti terkait 'open bidding' pejabat yang saat ini sedang dilakukan. 
   
Ranta mengatakan, dirinya bergabung dengan Partai Nasdem karena partai Nasdem yang memberikan kesempatan untuk mencalonkan diri di Dapil Banten II untuk DPR RI. Sebab ada partai lain seperti PKS tetapi pencalonan dirinya untuk di wilayah Tangerang. 
     
"Saya di suruh PKS untuk ke Tangerang, saya gelap. Terlalu singkat, kalau di sini banyak temen-temen dan saudara saya," kata Ranta.
     
Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, ia akan segera menunjuk pelaksana tugas (Plt) Sekda Banten sebelum nanti. Penunjukan Plt Sekda tersebut nanti dari salah satu dari tiga Asisten Daerah (Asda) yang ada di Banten.
   
"Nanti kalau sudah ada SK Kemendagri terkait pemberhentian, baru Pjs, sekarang Plt. Salah satu Asisiten dari tiga Asisiten yang ada di Banten," kata Wahidin Halim. 

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018