Pembalap Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) merebut posisi terdepan (pole position) pada sesi kualifikasi Grand Prix Thailand di Sirkuit Internasional Chang, Sabtu.

Catatan waktu 1 menit 28,700 detik yang ia bukukan sekaligus memecahkan rekor waktu putaran lap tercepat di Sirkuit Internasional Chang, serta menjadikan Bagnaia sebagai pembalap Ducati dengan pole terbanyak sepanjang sejarah.

Pembalap yang akrab disapa Pecco itu memulai kualifikasi dengan solid dan terus memimpin jalannya sesi.

Sementara, dua pesaing terdekatnya musim ini, pemuncak klasemen Jorge Martin (Prima Pramac Racing) dan Marc Marquez (Gresini Racing) tidak mengalami sesi yang mulus, dengan keduanya mengalami crash.

Meski demikian, Martin dan Marquez masing-masing akan memulai balapan Sprint dan utama dari posisi ketiga dan kelima.

Baca juga: Marc Marquez dan Bezzecchi puncaki sesi latihan MotoGP Thailand

Di sisi lain, rekan satu tim Bagnaia, Enea Bastianini, mampu mengimbangi dengan menyelesaikan sesi di posisi kedua dengan selisih 0,232 detik saja dari pemimpin balapan.

Berada di posisi keempat adalah Marco Bezzecchi (Pertamina Enduro VR46) yang mampu menyelesaikan sesi dengan cukup mulus.

Kejutan ditorehkan oleh Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) yang tampil solid sejak awal sesi kualifikasi. Ia akan memulai balapan Sprint dan utama GP Thailand dari posisi keenam.

Melengkapi daftar 10 besar adalah Pedro Acosta (GASGAS Tech3), Fabio Di Giannantonio (Pertamina Enduro VR46), Alex Marquez (Gresini Racing), dan Maverick Vinales (Aprilia Racing).

Hari kedua di Buriram masih akan dilanjutkan dengan balapan Sprint yang dimulai pada pukul 15.00 WIB.

Sementara, balapan utama GP Thailand akan digelar pada Minggu (27/10) pada pukul 15.00 WIB.

Baca juga: Aldi Mahendra ukir sejarah jadi juara dunia Supersport 300 2024
 

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024