Atlet catur dari Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Tangerang, Banten, Jonathan Anthony (23) menjadi juara pada 2nd The Rooky International Open 2024 di Bangkok, Thailand.

"Ini adalah turnamen pertama saya di luar negeri dan saya sangat bangga bisa meraih kemenangan di sini," kata Jonathan dalam keterangannya yang diterima di Tangerang, Kamis.

Anthony yang merupakan alumnus SMP dan SMA Penabur Gading Serpong itu berkompetisi di kategori catur standar dan berhasil mengalahkan 24 pecatur mancanegara peserta The Rooky International Open.

Dari total sembilan babak yang dilalui, dia bisa meraih enam kemenangan, dua seri, dan hanya mengalami satu kekalahan. Sementara turnamen tersebut berlangsung dari 19 hingga 23 Oktober di Hollywood Club Bangkok.

Baca juga: Tangerang dorong catur sebagai upaya bangun generasi muda berprestasi

Sebelumnya, Anthony telah mengikuti tiga turnamen internasional di dalam negeri. Namun, ia merasa pengalaman kali ini sangat istimewa sebab lawan yang dihadapinya berasal dari berbagai negara di Asia, Amerika, dan Eropa serta telah menyandang gelar bergengsi seperti Candidate Master (CM), FIDE Master (FM), dan Woman Grand Master (WGM).

"Partisipasi saya di turnamen ini lebih untuk mendapatkan pengalaman dan saya mempersiapkan diri dengan serius. Saya sangat bersyukur hasilnya sesuai harapan," katanya.

Sementara itu, Ketua Percasi Kabupaten Tangerang Hendra menyatakan kebanggaannya atas prestasi atlet muda daerah yang berhasil memberikan capaian positif bagi atlet-atlet Indonesia.

"Ada 25 atlet dari 24 negara yang turut ambil bagian dalam turnamen ini, termasuk Australia, Austria, Kanada, China, dan banyak lainnya. Keberhasilan Anthony akan menjadi motivasi bagi para pecatur muda kami untuk terus berlatih dan berprestasi," kata dia.

Baca juga: Kata menpora, prestasi olahraga Indonesia maju signifikan dalam 10 tahun

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024