Lebak (Antaranews Banten) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten melakukan pemantauan stok sembilan bahan pokok (sembako) di sejumlah pasar tradisional.

"Kami mengapresiasi dari lapangan persedian sembako cukup dan harga relatif stabil," kata Sekertaris Disperindag Kabupaten Lebak, Orok Sukmana, saat melakukan pemantauan di Pasar Tradisional Rangkasbitung di Lebak, Selasa.

Selama ini, persediaan sembako di pasar tradisional melimpah diantaranya beras, terigu, minyak goreng, gula pasir, daging, sayur mayur dan telur.

Bahkan, harga bahan pokok setelah dua pekan lebaran relatif stabil dan tidak terjadi lonjakan karena persediaan cukup.

Harga minyak goreng tanpa merk Rp12.000/liter, gula Rp12.000/kg, daging sapi murni Rp120.000/kg, dan daging kerbau Rp120.000/kg.

Harga daging ayam Rp38.000/kg, susu bendera Rp13.900/kaleng, kacang kedelai Rp9.800/kg, terigu Rp9.500/kg dan cabai rawit Rp20.000/kg.

Selain itu, harga beras jenis super Rp10.000/kg dan beras jenis IR KW I Rp9.000/kg, sedangkan beras jenis IR KW II Rp8.500/kg, dan beras IR KW III Rp7.800/kg.

"Kami yakin stabilnya harga itu karena permintaan kembali normal dibandingkan Ramadhan hingga Lebaran," katanya menjelaskan.

Orok mengatakan persedian bahan pokok di Pasar Rangkasbitung, Maja, dan Bayah melimpah dan bahkan persedian beras surplus didatangkan dari petani lokal.

Meski persedian sembako mencukupi, pihaknya terus berkoordinasi dengan Satgas Pangan yang ketuanya Kapolres Lebak, tim pengendali inflansi daerah (TPID) dan Perum Bulog.

Melalui koordinasi itu, kata dia, persedian bahan pokok mencukupi sehingga harga di pasaran stabil dan tidak terjadi inflansi.

Ia juga mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aksi borong yang bisa mengakibatkan kelangkaan komoditas di seumlah pasar.

"Kami menjamin harga bahan pokok stabil hingga Desember mendatang," ujarnya.

Sejumlah pedagang di Pasar Rangkasbitung mengaku tidak menaikkan harga bahan pokok karena pasokan melimpah.

"Kami menjamin dua bulan ke depan harga relatif stabil dan normal," kata Memed, seorang pedagang sembako di Pasar Rangkasbitung, Kabupaten Lebak.

Baca juga: Harga Sembako Jelang Lebaran Stabil Di Kota Serang

Pewarta: Mansyur

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018