Ustadz H Das'ad Latif mengajak masyarakat Lebak untuk tenang dan damai serta menjalin persatuan dan kesatuan tanpa perpecahan menjelang Pilkada 2024.
 
"Kita boleh berbeda pilihan dalam pilkada, tetapi tetap bersatu," katanya saat ceramah memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2024, Polres Lebak Gelar Istighosah dan Doa Bersama di Lapangan Mapolres Lebak, Senin.
 
Persatuan dan kesatuan sangat indah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sehingga terwujud kehidupan di masyarakat yang tenang dan damai.
 
Karena itu, jangan sampai pilkada tersebut menimbulkan perpecahan persatuan dan kesatuan akibat perbedaan pilihan tersebut.

Baca juga: KPU Banten sasar keramaian warga untuk sosialisasikan Pilkada 2024
 
Dia meminta masyarakat Lebak dalam pilkada bersatu, seperti umat Muslim saat melaksanakan shalat berjamaah.
 
"Semua berjamaah, meski berbeda suku, bahasa, budaya dan sosial, tetapi mereka bersatu mengikuti imam," katanya menjelaskan.
 
Menurut dia, dalam Al Quran, kaum Muslimin diwajibkan berpegang teguh untuk menjaga persatuan dan tali persaudaraan, terlebih menghadapi pilkada serentak 27 November 2024.
 
Masyarakat secara demokrasi dapat memilih pada pilkada sesuai hati nurani masing-masing dan tidak bermusuhan dan saling mengejek maupun menghina.
 
"Kami berharap masyarakat Lebak tetap tenang dan damai menghadapi pilkada itu semakin bersatu," katanya menjelaskan.

Baca juga: NU Lebak minta masyarakat tidak golput di Pilkada 2024
 
Kapolres Lebak AKBP Suyono mengatakan momentum penting untuk mengenang kembali peran santri dalam perjuangan bangsa baik pada masa kemerdekaan maupun di era pembangunan dengan memperkuat persatuan dan kesatuan.
 
"Santri tidak hanya sebagai menjaga ilmu agama, tetapi juga sebagai penjaga moral bangsa, penjaga nilai-nilai kebangsaan dan garda terdepan dalam menciptakan perdamaian dan keharmonisan di tengah masyarakat madani yang menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan," katanya.

Baca juga: PWI Banten minta jurnalis netral di Pilkada 2024

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024