Tangerang Selatan (Antaranews Banten) - Komisi Pemilihan Umum mengkonfirmasikan hasil verifikasi faktual atas sebaran dukungan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI untuk daerah pemilihan Provinsi Banten.
   
"Diketahui dari 26 calon DPD RI dari Dapil Banten ada 18 bakal calon yang memiliki sebaran dukungan di wilayah Kota Tangsel," ujar anggota KPU Kota Tangsel Muhammad Taufik saat dimintak keterangan di Serpong, Minggu.
   
Adapun dari 18 bakal calon itu adalah Topari, Abdi Suamithi, Abay Zaenudin, Hawasi Syabrawi, Hina Transisa, Muhammad Nawawi, Nana Prayatna, Andiara Aprilia, Dini Samiun, Enih Junaedi, Habin ali, Fadlin Akbar, Tengku Abdurohman dan Cicih Sutianingsih.
   
Menurutnya sampai saat ini hanya ada delapan bakan calon yang mengambil langsung berita acara hasil verifikasi faktual. Sementara sisanya diwakili oleh Leason Officer masing-masing bakal calon.
   
"Dari 18 bakal calon itu memiliki sebaran dukungan total seluruhnya 323 orang. Dan seluruhnya diverifikasi dari pintu ke pintu," ujar Taufik sambil menambahkan dari seluruh dukungan itu terdaoar yang memenuhi sebanyak 182. Sisanya tidak memenuhi berbagai macam bentuk syarat.
   
Bagi yang tidak memenuhi syarat biasanya berupa ketidakjelasan keterangan status pendukung pada masa pemeriksaan. Seperti tidak bisa ditemui pada saat petugas verifikasi ke rumah. Dan tidak datang ketika dibuka posko pemeriksaan.
   
Dia menjelaskan verifikasi sebenarnya meruoakan tahapan pemeriksaan tingkat kota. Selanjutnya akan dilakukan verifikasi di tingkat provinsi hingga nanti bisa dinyatakan lolos atau tidak.
   
Sementara, Anggota Panwasu Kota Tangsel, Ahmad Jajuli yang juga hadir dalam penyerahan berita acara hasil verifikasi dukungan Bakal Calon DPD RI mengatakan, bahwa Panwaslu sudah melakukan pengawasan melekat dalam proses verifikasi tersebut.
   
“Kami sudah melakukan pengawasan melekat, dan dalam proses pengawasan itu kami melihat semua proses verifikasi sudah berjalan sesuai dengan aturan yang ada,” pungkasnya.

Baca juga: KPU Sosialisasi Pemilu Ke Lapas Wanita Tangerang
KPU telah merampungkan verivikasi faktual untuk partai politik sebagai tahapan dalam pelaksanaan Pilkada (Antara Foto/ Arsip)

Pewarta: Annisa

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018