Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Polda Metro Jaya akan memprioritaskan penindakan terhadap lima pelanggaran lalu lintas selama Operasi Zebra Jaya 2024.

Wakapolresta Bandara Soetta AKBP Ronald Sipayung di Tangerang, Selasa mengatakan bahwa Operasi Zebra Jaya ini akan diselenggarakan selama 14 hari yang dimulai dari tanggal 14-27 Oktober 2024.

"Peringatan dan arahan harus dilakukan secara humanis, sehingga diharapkan masyarakat dapat meningkatkan kepatuhan dan disiplin dalam berlalu lintas," katanya.

Menurut dia, dalam operasi keselamatan berlalu lintas ini akan menyasar dan menargetkan lima prioritas pelanggaran. antaranya, seperti penggunaan helm yang tidak sesuai standar, melebihi batas kecepatan berkendara.

Kemudian, penggunaan ponsel saat berkendara serta di bawah umur dan pengaruh alkohol atau narkoba. Selanjutnya, kendaraan yang tidak memenuhi standar kelayakan.

"Operasi ini dilaksanakan di berbagai titik rawan kemacetan lalu lintas. Untuk mencapai sasaran dan target, petugas harus bertindak humanis dan mengedepankan pendekatan preemtif serta preventif," paparnya.

Baca juga: Operasi Zebra Jaya 2024 di Kota Tangerang libatkan 188 personel

Ia mengatakan Operasi Zebra Jaya dilakukan sebagai tujuan untuk mendukung suksesnya pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih. Selain itu, juga bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dan menurunkan angka kecelakaan, serta terciptanya kamseltibcarlantas.

"Untuk itu laksanakan operasi ini dengan sungguh-sungguh, sehingga apa yang menjadi tujuan operasi ini dapat tercapai," jelasnya.

Melalui operasi penertiban ini, diharapkan dapat menjadi momentum strategis untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas, agar tidak melebihi catatan tahun sebelumnya.

"Oleh karena itu, saya mengajak setiap personel untuk menghilangkan rasa lelah, bosan, serta mengedepankan semangat pelayanan optimal," ujar Ronald.

Dia mengajak seluruh personel untuk menjadikan momentum itu sebagai kesempatan untuk berkontribusi positif bagi masyarakat, sekaligus ladang amal dalam mendatangkan pahala.

"Ingatlah, setiap langkah yang kita ambil, sekecil apapun itu, akan memberikan kontribusi besar bagi kemajuan dan keselamatan masyarakat," pungkas Ronald.

Baca juga: Polda Banten gelar Operasi Zebra Maung 2024, targetkan 14 sasaran
 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024