Sebanyak 188 personil gabungan dikerahkan dalam Operasi Zebra Jaya 2024 di Kota Tangerang, Banten guna menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) yang kondusif menuju Pilkada serentak 2024.

"Apel gelar pasukan ini untuk mengecek kesiapan akhir, baik kesiapan personel maupun sarana dan prasarana termasuk kesiapan komunikasi dan koordinasi dengan instansi terkait yang terlibat dalam kegiatan operasi," kata Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho usai gelar pasukan di Mapolres Tangerang Kota, Selasa.

Perlu diketahui Polres Metro Tangerang Kota menggelar Operasi Zebra Jaya 2024 sejak Senin (14/10) hingga Minggu (27/10) dengan 14 sasaran.

Kapolres mengatakan pasukan gabungan yang dilibatkan dalam Operasi Zebra Jaya 2024 yakni dari Polri, TNI, Satpol PP dan Dishub maupun Jasa Marga. 

"Kami berharap dengan 14 sasaran Operasi Zebra Jaya 2024 selama 14 hari ke depan dapat berjalan dengan aman dan lancar," katanya menambahkan.

Baca juga: Polda Banten gelar Operasi Zebra Maung 2024, targetkan 14 sasaran

Sementara itu, 14 pelanggaran yang disasar polisi dalam Operasi Zebra Jaya 2024 diantaranya penggunaan rotator dan sirene yang bukan peruntukan, penertiban kendaraan bermotor dengan pelat rahasia atau pelat dinas, pengemudi kendaraan bermotor di bawah umur.

Kendaraan yang melawan arus, berkendara di bawah pengaruh alkohol, menggunakan ponsel saat berkendara, mengemudi tidak menggunakan sabuk keselamatan atau safety belt, melampaui batas kecepatan.

Sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang, kendaraan roda empat atau lebih yang tidak layak jalan, Kendaraan roda empat atau lebih yang tidak dilengkapi perlengkapan standar.

Kendaraan roda dua atau roda empat yang tidak dilengkapi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), melanggar marka jalan atau bahu jalan, penyalahgunaan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB).

Pj Wali Kota Tangerang, Nurdin berharap dan menghimbau seluruh masyarakat Tangerang untuk tetap terus  menjaga ketertiban umum, termasuk menjaga keselamatan berlalu lintas di Jalan raya.

"Mari kita manfaatkan Operasi Zebra yang di gelar ini sebagai bagian dari usaha kita bersama sama untuk mewujudkan tata kelola berlalu lintas yang baik," kata dia.

Baca juga: Biaya kontribusi pedagang di Pasar Lama Tangerang Rp15.000 per hari
 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024