Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten menyelenggarakan debat pertama pasangan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) untuk Pilkada 2024 di Jakarta, Rabu (16/10) dan calon diperbolehkan membawa pendukung sesuai ketentuan.  
 
"Debat pertama bertempat di Auditorium Menara Bank Mega (Komplek Trans Media)," kata Ketua KPU Banten Mohamad Ihsan di Serang, Selasa.
 
Menurut dia, debat pertama tersebut disiarkan langsung oleh TransTV dimulai pukul 18.45 WIB dengan durasi 150 menit, dengan ketentuan 120 menit jalannya debat dan 30 menit untuk iklan layanan masyarakat yang diproduksi oleh KPU Provinsi Banten.
 
Ketentuan tersebut berdasarkan Keputusan KPU Provinsi Banten Nomor 142 Tahun 2024 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Debat Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten Tahun 2024.
 
Debat pertama ini mengangkat Tema “Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat dan Akselerasi Pembangunan Berkeadilan di Provinsi Banten."

Baca juga: KPU Banten gelar tiga kali debat publik calon gubernur dan wakil gubernur
 
Model debat calon gubernur dan calon wakil gubernur Banten dilakukan dengan format kandidat-moderator. Debat ini yang menjadi peserta adalah pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Banten Tahun 2024.
 
"Ketentuan yang perlu dipatuhi bersama oleh masing-masing pasangan calon, dalam kesempatan ini kami menghimbau, agar mematuhi segala ketentuan untuk menciptakan pelaksanaan debat berjalan dengan baik, lancar, aman, dan kondusif," kata Ihsan menambahkan.
 
Ihsan mengatakan masing-masing pendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Banten maksimal 150 orang yang dapat masuk ke dalam ruang studio debat.Semua peserta yang masuk harus menggunakan ID Card yang telah disediakan oleh panitia.
 
"Pendukung yang hadir dilarang membawa atribut bahan kampanye dan alat peraga kampanye, terkecuali bahan kampanye yang melekat pada pakaian yang digunakan oleh pendukung Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten Tahun 2024," kata dia menerangkan.
 
Sebelumnya KPU Provinsi Banten menetapkan dua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten pada Pilkada 2024, yakni pasangan Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi yang diusung PDIP, Partai Golkar dan lima partai nonparlemen, yaitu PBB, Partai Gelora, Partai Umat, PKN dan Partai Buruh.
 
Kemudian, pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusumah yang diusung Partai Gerindra, Partai NasDem, PKB, PSI, PAN, PPP, PKS, Partai Demokrat, Partai Garuda dan Partai Prima.
 
Baca juga: KPU Banten siapkan debat paslon yang disiarkan televisi lokal

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024